Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 02:19 WIB | Sabtu, 23 Mei 2020

Trump Minta Gereja Dibuka Kembali

Presiden Donald Trump berbicara di depan wartawan tentang virus corona, di Gedung Putih, Washington, Jumat (22/5). (Foto: AP/Alex Brandon)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Presiden AS Donald Trump pada Jumat (22/5) mengatakan gereja dan rumah ibadah lainnya "penting" dan meminta gubernur di seluruh negeri supaya mengizinkan tempat ibadah dibuka kembali di akhir pekan ini meskipun ada ancaman penyebaran virus corona.

"Hari ini saya mengidentifikasi rumah-rumah ibadah -gereja, sinagoge, dan masjid- sebagai tempat penting yang menyediakan layanan penting," kata Trump saat konferensi pers yang dipersiapkan terburu-buru di Gedung Putih, di mana ia tidak membuka sesi tanya jawab media, Jumat (22/5). Dia mengatakan jika gubernur tidak mematuhi permintaannya, maka Trump akan "mengabaikan" mereka, meskipun tidak jelas otoritas apa yang harus dia lakukan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) telah menyiapkan konsep pedoman pembukaan kembali gereja-gereja dan rumah ibadah lainnya beberapa minggu lalu yang mencakup langkah-langkah seperti menjaga jarak antar umat dan membatasi jumlah pertemuan.

Tapi pedoman itu ditunda selama lebih dari sebulan oleh pemerintah sampai Trump tiba-tiba berubah arah pada hari Kamis (21/5).

"Saya katakan, 'Kamu sebaiknya mengeluarkannya.' Dan mereka melakukannya," kata Trump pada hari Kamis (21/5) di pabrik mobil Ford Motor Co. di Michigan yang dirancang ulang untuk membuat ventilator. "Dan mereka akan mengeluarkan sesuatu hari ini atau besok di gereja-gereja. Kita harus membuka gereja kita."

Trump pada hari Jumat (22/5) menekankan pentingnya gereja di banyak komunitas dan mempersoalkan beberapa bisnis yang telah diizinkan untuk dibuka kembali.

"Beberapa gubernur menganggap toko minuman keras dan klinik aborsi sebagai hal yang penting" tetapi bukan gereja, katanya. "Itu tidak benar. Jadi saya koreksi ketidakadilan ini dan saya tegaskan bahwa rumah ibadat penting."

“Itu adalah tempat-tempat yang menyatukan masyarakat dan menyatukan warga kita. Orang-orang menuntut untuk pergi ke gereja dan sinagoge, pergi ke masjid mereka,” katanya. (apnews.com)

 

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home