Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 17:38 WIB | Sabtu, 01 Juni 2019

Tunanetra dan Autis, Kodi Lee Raih Golden Buzzer AGT

Kodi Lee, 22 tahun, penderita autis dan tunanetra, meraih golden buzzer pertama dalam America's Got Talent season 14 yang dimulai 28 Mei 2019. Ia didampingi ibunya, Tina Lee, dalam tanya-jawab dengan juri. (Foto: Metro PR)

SATUHARAPAN.COM – Kodi Lee, 22 tahun, sedang menjadi buah bibir belakangan ini. Videonya menjadi viral, ketika ia meraih golden buzzer pertama, awal pekan ini, di ajang America’s Got Talent season 14, yang dimulai 28 Maret 2019.

Ruangan langsung senyap ketika Kodi Lee mulai melantunkan lagu A Song For You, sambil memainkan piano. Begitu ia mengakhiri lantunan lagu ciptaan Leon Russell (dirilis tahun 1970) dan juga kemudian dinyanyikan penyanyi tunanetra Ray Charles itu, tepuk tangan langsung membahana. Semua penonton berdiri. Begitu juga, empat juri, yakni Simon Cowell, Howie Mandel, dan dua juri baru, aktris Gabrielle Union dan dancer Julianne Hough.

Hough, juga beberapa penonton, tak kuasa menahan air mata.

Extraordinary, luar biasa, menurut penilaian Simon Cowell, mengingat Kodi Lee penyandang tunanetra dan autis. Kodi Lee, langsung meraih ketenarannya setelah melakukan penampilan pertama di ajang pencari bakat itu. Gabrielle Union menghadiahinya golden buzzer, yang berarti ia akan maju langsung ke putaran final

Bukan hanya penonton. Ibu Kodi Lee, Tina Lee, yang mengantarnya ke panggung, dan menemaninya dalam tanya jawab dengan juri, pun mengaku “kaget” dan “tak kuasa menahan air mata haru” menyaksikan penampilan anaknya yang luar biasa. Dalam segala keterbatasannya, ia menyebut, “jiwa murni” dalam diri anaknya berubah jika bermusik.

Berbicara kepada NBC Nightly News sesudah penampilan malam itu, Tina Lee berbagi kekagumannya pada bakat putranya dan penampilan yang mengubah dirinya, dengan mengatakan: “Ada bagian lain dari dirinya, seperti dua orang. Begitu Anda menempatkannya di atas panggung, tiba-tiba saja, seperti topi terbalik, segala keterbatasannya hilang.”

Berbagai berita menyebutkan Kodi Lee dianggap sebagai pemusik yang luar biasa. Walaupun autis, ia mampu meniti nada dengan sempurna dan memiliki memori fotografi audio.

Seperti diberitakan Charlie Lankston dan Carly Stern dari Dailymail.com, dalam sebuah wawancara baru Kodi Lee mengatakan pengalaman malam itu membuatnya “bersemangat” meraih kesuksesan lebih dalam penampilan mendatang.

Di akun Twitternya, Kodi Lee mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang mendukung penampilannya, “Yeah @itsgabrielleu chose me as her first #goldenbuzzer #AGT #AGTAuditions”.

Tetap Tampil Menghibur di Kota Asal

Golden buzzer Gabrielle Union mengantar Kodi melewati tahap audisi. Ia tidak akan kembali ke panggung sampai pertunjukan langsung yang dimulai pada bulan Agustus mendatang.

Seperti diberitakan TMZ, America’s Got Talent “tidak akan menghalangi Kodi Lee menghibur orang-orang di kota asalnya, karena para produser tahu itulah yang membantunya menjadi bintang ... dan ia masih harus mencari nafkah.”

Kodi Lee selama ini melakukan pertunjukan, di California Selatan, bersama band lokal Midnight Satellites.

Sumber-sumber produksi di America’s Got Talent kepada TMZ mengatakan tidak ada dalam kontrak yang membuat Kodi Lee itu tidak boleh tampil dalam pertunjukan lokal di California Selatan, meskipun ia meraih buzzer emas yang memastikan tempatnya langsung di pertunjukan kompetisi.

Selama ia tetap muncul untuk acara-acara America’s Got Talent yang dijadwalkan, dan tidak dengan sengaja menghubungi pers untuk keuntungan pribadi yang disebutkan “tidak adil”, ia bebas melakukan konser dan pertunjukan live yang sudah dijadwalkan. Seperti yang dikatakan oleh satu sumber, banyak kontestan juga mencari nafkah dari karya seni mereka.

Kodi Lee, menurut TMZ, dijadwalkan tampil di dua tempat terpisah di Riverside County, masing-masing memiliki penggemar fanatik. Kabarnya, Old Town Blues, menggandakan kapasitas tempat duduk untuk acara 6 Juli yang menampilkan Lee. 

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home