Google+
Loading...
MEDIA
Penulis: Reporter Satuharapan 12:40 WIB | Selasa, 16 Oktober 2018

Tuntutan Pengusutan Jurnalis Hilang

Ilustrasi. Unjuk rasa menuntut pembebasan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi. Berita terakhir menyebutkan Washington Post meyakini wartawan yang sering menulis di media terkemuka itu sudah terbunuh. (Foto: journalducameroun.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Para menteri luar negeri dari Inggris, Prancis, dan Jerman menuntut kerja sama penuh Arab Saudi dalam mengungkapkan apa yang telah terjadi terhadap Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi yang menghilang. Khashoggi belum terlihat sejak tanggal 2 Oktober, ketika ia memasuki Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Khashoggi adalah pengkritik terkenal terhadap Pemerintah Arab Saudi. Sebagian pihak berspekulasi bahwa jurnalis itu dibunuh di dalam gedung itu.

Ketiga diplomat tinggi Eropa itu dalam pernyataan pada hari Minggu (14/10/2018) mengatakan mereka memperlakukan kasus itu “dengan keseriusan tertinggi”. Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt dari Inggris, Jean-Yves Le Drian dari Prancis, dan Heiko Maas dari Jerman mengatakan, “diperlukan investigasi yang dapat dipercaya guna menemukan kebenaran.”

Ketiga menteri luar negeri itu mengatakan, mereka yang bertanggung jawab atas menghilangnya Khashoggi harus diidentifikasi dan dihukum. (nhk.or.jp)

Editor : Sotyati

Back to Home