Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:19 WIB | Minggu, 28 Agustus 2016

Turki Kerahkan Tambahan Tank ke Suriah

Ilustrasi. Foto yang diambil pada 25 Agustus 2016 sekitar 5 km sebelah barat dari kota perbatasan Karkamis di daerah Gaziantep ini menunjukkan tank pasukan Turki tengah berjalan menuju kota Jarabulus, yang menjadi perbatasan antara Turki dan Suriah. (Foto: AFP/Bulent Kilic)

KARKAMIS, SATUHARAPAN.COM - Turki pada Sabtu (27/8) mengerahkan tambahan enam tank ke Suriah saat pasukan pro-Ankara melanjutkan operasi pembersihan ranjau di sebuah kota yang direbut dari tangan ekstremis ISIS pada pekan ini, kata seorang koresponden AFP.

Militer Turki pada Rabu melancarkan operasi dengan nama sandi “Euphrates Shield” di Suriah untuk memukul mundur ISIS dari daerah perbatasan dan juga menghalangi gerakan milisi Kurdi yang dibenci Ankara.

Seorang fotografer AFP di Desa Karkamis di sisi perbatasan Turki menyaksikan enam tank Turki melewati perbatasan menuju Suriah pada Sabtu.

Harian Hurriyet sebelumnya melaporkan bahwa angkatan bersenjata Turki mengerahkan 50 tank dan 380 personel di lapangan di Suriah setelah operasi selama tiga hari.

Tentara Turki mendukung pasukan lebih besar yang terdiri dari ratusan pemberontak Suriah.

Fotografer tersebut mengatakan bahwa ledakan sporadis terdengar di sisi perbatasan Turki saat pemberontak melakukan operasi pembersihan ranjau di Kota Jarabulus yang direbut dari ISIS pada Rabu.

Kantor berita pemerintah Anadolu mengonfirmasikan dalam sebuah berita dengan baris tanggal dari Jarabulus bahwa pemberontak bekerja untuk menghancurkan bahan peledak yang ditinggalkan militant ISIS.

Anadolu mengatakan bahwa pada Jumat saja sekitar 20 set bahan peledak dihancurkan.

Kepemimpinan Turki menekankan serangan itu juga bertujuan memastikan bahwa milisi Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG), yang memimpin perang melawan ISIS di daerah tersebut, tetap berada di timur Sungai Efrat. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home