Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 11:36 WIB | Sabtu, 11 Juli 2015

Turki Ringkus 21 Tersangka Anggota ISIS

Seorang tentara Turki sedang berjaga di perbatasan antara Turki dan Suriah, Akcakale. (Foto: AP)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM – Turki meringkus 21 tersangka anggota kelompok Islamic State (ISIS), termasuk tiga warga asing, dalam operasi besar-besaran di beberapa kota termasuk Istanbul, seperti dilansir media pemerintah pada hari Jumat (10/7).

Polisi menangkap para tersangka dalam serangan fajar di beberapa tempat di Istanbul, serta di Provinsi Sanliurfa di dekat perbatasan Suriah, wilayah selatan Provinsi Mersin, dan Provinsi Kocaeli di timur Istanbul.

Para tersangka diduga membantu kelompok ekstremis tersebut merekrut anggota dari Eropa, ungkap kantor berita pemerintah Anatolia.

Tiga warga negara asing tersebut, yang tidak diungkapkan asalnya, berencana menyeberang ke Suriah, tambah Anatolia.

Penangkapan itu merupakan operasi terbesar terhadap ISIS di Turki, dengan penangkapan dilakukan di Kota Istanbul untuk pertama kalinya.

Perintah penangkapan dikeluarkan untuk sedikitnya 30 tersangka, kata Anatolia, menambahkan bahwa polisi juga menyita dua senapan berburu, puluhan peluru serta perangkat elektronik dan seragam militer.

Barat-Turki Saling Tuding

Negara-negara Barat berulang kali menuding Turki tidak berbuat banyak untuk membendung aliran ekstremis menyeberangi perbatasannya dengan Suriah.

Turki membantah keras tuduhan itu, menegaskan pihaknya melakukan segala cara untuk mengamankan perbatasannya.

Turki juga menuding balik negara Barat karena tidak turun tangan untuk membantu memikul beban 1,8 juta pengungsi Suriah yang ditampungnya. (AFP)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home