Loading...
MEDIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 11:44 WIB | Selasa, 29 September 2015

Turki Tangkap 32 Jurnalis Dalam Operasi Media Kurdi

Presiden Turki Tayyip Erdogan. (Foto: AFP)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM – Polisi Turki pada Senin (28/9) menangkap sekitar 30 orang yang bekerja untuk media di Kurdi Tenggara kota Diyarbakir, kantor berita Dogan melaporkan.

Kemudian, kantor berita Dicle mengatakan bahwa media Kurdi tersebut dan koran Azidiye Welat telah ditargetkan dalam operasi dan polisi anti-teroris telah menahan 32 wartawan serta beberapa karyawan lainnya.

Turki telah melancarkan serangan tanpa henti terhadap para pemberontak Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dalam upaya mempersiapkan pemilu legislatif cepat pada 1 November mendatang.

Kekerasan telah menyebabkan hancurnya proses perdamaian yang telah diupayakan pada tahun 2012 lalu di mana sebelumnya membangkitkan harapan mengakhiri tiga dekade pemberontakan PKK yang menewaskan lebih dari 40.000 orang.

Dalam beberapa pekan terakhir, pemerintah telah melancarkan penangkapan wartawan dan polisi telah menciduk sebuah perusahaan induk yang memiliki media oposisi, memicu kritik dari negara-negara barat dan para pengawas media. (AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home