Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:23 WIB | Rabu, 06 November 2019

Turki Tangkap Istri al-Baghdadi

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan,. (Foto: Ist)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Turki menangkap salah satu istri pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi, kata Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, hari Rabu (6/11).

Lebih dari sepekan lalu, mantan pemimpin Negara Islam atau ISIS itu melakukan bunuh diri dengan bom rompi, ketika menghadapi serangan oleh pasukan khusus Amerika Serikat di Suriah utara.

"AS mengatakan al-Baghdadi bunuh diri di sebuah terowongan. Mereka memulai kampanye komunikasi tentang ini,” kata Erdogan dalam pidatonya di Universitas Ankara, seperti diberitakan media setempat, Daily Sabah.

"Tapi, saya mengumumkannya di sini untuk pertama kalinya: Kami menangkap istrinya dan tidak membuat keributan seperti mereka. Demikian pula, kami juga menangkap saudara perempuan dan iparnya di Suriah,” katanya.

Kakak perempuan al-Baghdadi, Rasmiya Awad, 65 tahun, ditangkap dalam serangan hari Senin (4/11) pada sebuah kontainer trailer yang ia tinggali bersama keluarganya di dekat kota Azaz di Suriah utara di Provinsi Aleppo.

Wilayah itu adalah bagian dari wilayah yang dikuasai oleh Turki setelah Operasi Eufrat Perisai diluncurkan terhadap teroris Daesh (atau ISIS) dan Unit Perlindungan Rakyat (YPG) Kurdi yang oleh Turki dituduh terkait dengan kelompok pemberontak Kurdi (PKK/partai Pekerja Kurdistan).

Seorang pejabat senior Turki mengatakan awal pekan ini bahwa Turki juga telah menangkap kakak perempuan al-Baghdadi, beserta suami dan putrinya.

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home