Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:29 WIB | Rabu, 20 Mei 2020

Uji Vaksin COVID-19 di Amerika Serikat Menghasilkan Antibodi

Sebuah tanda di markas Moderna Therapeutics, yang sedang mengembangkan vaksin melawan penyakit virus corona (COVID-19), di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Vaksin eksperimental untuk COVID-19 dari Moderna Inc, yang pertama kali diuji di Amerika Serikat, menghasilkan antibodi pelindung pada sekelompok kecil sukarelawan sehat, menurut data awal yang dirilis oleh perusahaan biotek pada hari Senin (18/5).

Data tersebut berasal dari delapan orang yang mengambil bagian dalam uji coba keselamatan 45 subjek yang dimulai pada bulan Maret. Vaksin dari Moderna adalah salah satu dari sekitar 100 yang sedang dikembangkan untuk melindungi terhadap virus corona baru yang telah menginfeksi lebih dari 4,7 juta orang di seluruh dunia dan membunuh lebih dari 317.000.

Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan bahwa vaksin itu aman dan semua peserta penelitian menghasilkan antibodi terhadap virus.

Analisis tanggapan pada delapan individu menunjukkan bahwa mereka yang menerima dosis 100 mikrogram dan orang yang menerima dosis 25 mikrogram memiliki tingkat antibodi pelindung untuk melawan virus yang melebihi dari yang ditemukan dalam darah orang yang pulih dari COVID- 19.

Berita itu, yang dikeluarkan dalam rilis oleh perusahaan bioteknologi AS, mengangkat saham Moderna sebesar 20%. Moderna meluncurkan penawaran saham senilai US$ 1,34 miliar dengan harga penawaran US$ 76 per saham pada Senin malam. Perusahaan itu sebelumnya mengatakan berencana untuk menjual US$ 1,25 miliar saham biasa untuk mengumpulkan uang untuk pengembangan dan pembuatan vaksin.

Uji untuk Kemanan

"Ini adalah temuan signifikan, tetapi ini adalah uji klinis fase pertama yang hanya mencakup delapan orang. Itu dirancang untuk keamanan, bukan untuk kemanjuran," kata Dr Amesh Adalja, ahli penyakit menular di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Data yang sangat awal itu menawarkan secercah harapan untuk vaksin di antara yang paling maju dalam pengembangan. Adalja mengatakan banyak gangguan dapat terjadi antara sekarang dan saat vaksin ini diuji kemanjurannya pada ribuan orang. "Apa yang kita lihat sangat menggembirakan," katanya.

Para ilmuwan berusaha memahami tingkat antibodi apa yang pada akhirnya terbukti protektif terhadap virus corona baru, dan berapa lama perlindungan itu akan bertahan.

Moderna mengatakan bahwa vaksin tersebut menunjukkan respons dosis, yang berarti bahwa orang yang dosisnya 100 mcg menghasilkan lebih banyak antibodi daripada orang yang mendapat dosis lebih rendah.

Uji Tahap Ketiga Bulan Juli

Vaksin ini telah mendapat lampu hijau untuk memulai pengujian pada manusia untuk tahap kedua. Pekan lalu, regulator AS memberi status "jalur cepat" vaksin untuk mempercepat tinjauan peraturan.

Dalam fase kedua, uji coba dirancang untuk menguji efektivitas lebih lanjut dan menemukan dosis optimal, Moderna mengatakan akan membatalkan rencana untuk menguji dosis 250 mcg dan menguji dosis 50 mcg sebagai gantinya.

Mengurangi dosis yang diperlukan untuk menghasilkan kekebalan dapat membantu mengurangi jumlah vaksin yang diperlukan dalam setiap suntikan, yang berarti perusahaan pada akhirnya dapat menghasilkan lebih banyak vaksin.

"Dalam konteks pandemi, kami berharap permintaan yang melampaui pasokan dan semakin rendah dosis, semakin banyak orang yang kami harapkan dapat dilindungi," kata Kepala Petugas Medis Tal Zaks.

Pemerintah AS pada bulan April bertaruh besar pada Moderna, mendukung vaksinnya dengan dana US$ 483 juta dari Badan Penelitian dan Pengembangan Biomedis Lanjutan (BARDA), bagian dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS (HHS).

Perusahaan mengatakan bahwa hibah itu akan memungkinkannya memasok jutaan dosis per bulan pada 2020, dan dengan investasi lebih lanjut, puluhan juta per bulan pada 2021 jika vaksin terbukti berhasil. Moderna mengatakan akan memulai uji coba tahap akhir yang lebih besar, atau fase ketiga, pada bulan Juli.

Saat ini tidak ada perawatan atau vaksin yang disetujui untuk COVID-19, dan para ahli memperkirakan bahwa vaksin yang aman dan efektif dapat memakan waktu 12 hingga 18 bulan sejak awal pengembangan, yang dalam kasus Moderna adalah pada bulan Januari. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home