Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:59 WIB | Selasa, 21 Juli 2020

Uji Vaksin COVID-19 di Inggris Menunjukkan Respons Kekebalan Perlindungan

Vaksin COVID-19. (Foto: dok. Reuters)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Para ilmuwan di Universitas Oxford mengatakan vaksin virus corona eksperimental mereka telah diperlihatkan dalam uji coba awal mampu mendorong respons kekebalan protektif pada ratusan orang yang mendapatkan suntikan.

Peneliti Inggris pertama kali menguji vaksin pada bulan April pada sekitar 1.000 orang, setengahnya mendapat vaksin eksperimental. Percobaan awal semacam itu biasanya dirancang hanya untuk mengevaluasi keamanan, tetapi dalam kasus ini para ahli juga mencari tahu apa ada respons imun yang terjadi.

Dalam penelitian yang diterbitkan Senin di jurnal Lancet, para ilmuwan mengatakan bahwa mereka menemukan vaksin COVID-19 eksperimental mereka menghasilkan respons kekebalan ganda pada orang berusia 18 hingga 55 tahun. "Kami melihat respons kekebalan yang baik di hampir semua orang," kata Dr. Adrian Hill, direktur Jenner Institute di Oxford University. "Apa yang dilakukan vaksin ini dengan sangat baik adalah memicu dua sistem kekebalan tubuh," katanya.

Hill mengatakan bahwa antibodi yang diproduksi merupakan molekul yang merupakan kunci untuk memblokir infeksi. Selain itu, vaksin ini juga menyebabkan reaksi pada sel-T tubuh yang membantu melawan virus corona.

Uji Efektivitas Vaksin

Dia mengatakan bahwa uji coba yang lebih besar mengevaluasi efektivitas vaksin, yang melibatkan sekitar 10.000 orang di Inggris serta peserta di Afrika Selatan dan Brasil masih berlangsung. Uji coba besar lainnya dijadwalkan akan dimulai di Amerika Serikat segera, bertujuan untuk mendaftarkan sekitar 30.000 orang.

Seberapa cepat para ilmuwan dapat menentukan efektivitas vaksin akan sangat tergantung pada seberapa banyak penularan yang ada, tetapi Hill memperkirakan mereka mungkin memiliki data yang cukup pada akhir tahun untuk memutuskan apakah vaksin harus diadopsi untuk vaksinasi massal.

Dia mengatakan vaksin itu tampaknya menghasilkan tingkat antibodi yang sebanding dengan yang diproduksi oleh orang-orang yang pulih dari infeksi COVID-19, dan berharap bahwa respons sel-T akan memberikan perlindungan ekstra.

''Ada semakin banyak bukti bahwa memiliki respons sel-T serta antibodi bisa sangat penting dalam mengendalikan COVID-19, '' kata Hill. Dia menyarankan respons kekebalan mungkin ditingkatkan setelah dosis kedua; percobaan mereka menguji dua dosis yang diberikan dengan selang sekitar empat pekan.

Hill mengatakan vaksin Oxford dirancang untuk mengurangi penyakit dan penularan. Ia menggunakan virus yang tidak berbahaya, virus dingin simpanse, direkayasa sehingga tidak dapat menyebar, untuk membawa protein virus corona ke dalam tubuh, yang seharusnya memicu respons sistem kekebalan.

Permintaan Vaksin Sebelum Lisensi

Hill mengatakan Oxford telah bermitra dengan produsen obat AstraZeneca untuk memproduksi vaksin mereka secara global, dan bahwa perusahaan telah berkomitmen untuk membuat dua miliar dosis.

"Bahkan dua miliar dosis mungkin tidak cukup," katanya, menggarisbawahi pentingnya memiliki beberapa suntikan untuk memerangi virus corona.

"Ada harapan bahwa jika kita memiliki vaksin yang cukup cepat, kita dapat memadamkan pandemi," kata Hill, mencatat berlanjutnya infeksi secara global. "Saya pikir akan sangat sulit untuk mengendalikan pandemi ini tanpa vaksin."

Sejumlah negara termasuk Jerman, Prancis, Belanda, Italia, Inggris dan AS semuanya telah menandatangani perjanjian untuk menerima ratusan juta dosis vaksin, meskipun belum dilisensikan, dengan pengiriman pertama yang dijadwalkan untuk musim gugur. Politisi Inggris telah berjanji bahwa jika hal itu terbukti efektif, warga Inggris akan menjadi yang pertama mendapatkannya.

Belasan Vaksin dalam Pengujian

Pekan lalu, para peneliti Amerika mengumumkan bahwa vaksin COVID-19 pertama yang diuji di sana meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia seperti yang diharapkan para ilmuwan dan suntikan sekarang akan memasuki tahap akhir pengujian. Vaksin itu, yang dikembangkan oleh National Institutes of Health and Moderna, menghasilkan molekul kunci untuk memblokir infeksi pada sukarelawan yang mendapatkannya, pada tingkat yang sebanding dengan orang yang selamat dari infeksi COVID-19.

Belasan vaksin eksperimental yang berbeda berada dalam tahap awal pengujian manusia atau siap untuk memulai, sebagian besar di China, AS dan Eropa, dengan puluhan lainnya dalam tahap awal pengembangan.

Pejabat Inggris mengatakan pada hari Senin (20/7) bahwa mereka juga telah menandatangani kesepakatan untuk membeli 90 juta dosis vaksin COVID-19 eksperimental yang sedang dikembangkan oleh raksasa farmasi Pfizer dan lainnya.

Dalam sebuah pernyataan, pemerintah Inggris mengatakan telah mengamankan akses ke kandidat vaksin yang sedang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech, di samping vaksin eksperimental lain yang diteliti oleh Valneva. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home