Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 21:27 WIB | Senin, 26 Januari 2015

Umat Lintas Agama akan Tekan COP21

Ilustrasi. (Foto: oikoumene.org)

SATUHARAPAN.COM – Ribuan orang berencana untuk memulai ziarah keadilan iklim—berjalan kaki atau bersepeda—di banyak bagian dunia.

Para peziarah setia ini, berakar pada keyakinan agama mereka, ingin mengungkapkan solidaritas dengan mereka yang terkena dampak perubahan iklim—mendesak para pemimpin dunia untuk menghasilkan kesepakatan yang mengikat secara hukum dan universal terhadap Konferensi Perubahan Iklim PBB (United Nations Climate Change Conference/COP21) mendatang di Paris.

Para peziarah tersebut, sebagian besar dari Eropa dan Afrika, yang dimobilisasi oleh organisasi Kristen yang mewakili anggota Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC). Beberapa akan mengakhiri perjalanan mereka di Paris, menyatukan suara mereka dengan pengikut agama lain di COP21. COP21  akan diselenggarakan dari 30 November – 11 Desember dengan tahun 2015.

“Paris adalah tonggak sejarah dalam ziarah kita keadilan iklim,” kata Dr Guillermo Kerber, eksekutif Program WCC untuk Perawatan atas Ciptaan dan Keadilan Iklim. “Namun Paris bukanlah tujuan. Sebagai orang beriman, diharapkan untuk menawarkan kompas moral untuk dialog iklim, kita perlu menyusun strategi untuk 2016 dan seterusnya,” katanya.

Kerber berbicara dalam pertemuan persiapan COP 21 untuk organisasi ekumenis yang diadakan pada Kamis (22/1) di Jenewa, Swiss. Konsep “ziarah keadilan dan perdamaian” adalah visi yang diusung oleh Sidang Raya ke-10 WCC. Dan, keadilan iklim adalah komponen penting dari visi ini.

Mengikuti panggilan untuk keadilan iklim oleh pemimpin agama seperti Patriark Konstantinopel Bartolomeus dan Paus Fransiskus dari Gereja Katolik Roma, WCC berencana untuk membawa suara yang kuat dari komunitas agama menuntut perjanjian yang adil, ambisius, dan mengikat secara hukum di Paris, kata Kerber.

Di Afrika, “peziarah keadilan iklim” berencana untuk menyeberangi perbatasan dengan berjalan kaki dan bersepeda, meningkatkan kesadaran tentang dampak perubahan iklim. Patriciah Akullo dari ACT Alliance, sebuah organisasi mitra dari WCC, berbagi informasi tentang kampanye organisasinya untuk keadilan iklim, berlakunya sekitar COP 21 dengan fokus pada Afrika. Dia mengatakan bahwa setelah melintasi perbatasan antara Afrika Selatan, Uganda, dan Burundi di antara negara-negara lain, tujuan akhir ini peziarah akan Nairobi.

Tokoh yang diharapkan dapat menambah suara mereka untuk kampanye adalah Uskup Agung Desmond Tutu dan Kenya Presiden Uhuru Kenyatta. Juga tokoh-tokoh dari bidang olahraga, budaya dan musik.

“Ziarah ke COP 21 adalah ziarah keadilan dan perdamaian, bagi orang-orang dan untuk bumi,” kata Yesaya Toroitich, yang bekerja untuk UU kampanye Sekarang untuk Keadilan Iklim. “Sebagai orang beriman kita berharap untuk berbicara dalam satu suara bersatu di Paris menunjukkan solidaritas kami dengan mereka yang terkena dampak perubahan iklim,” katanya.

Thomas Hirsch dari Bread for the World mengatakan bahwa sebagai orang beriman “kita bersatu dalam keragaman kami melalui upaya kami dan permintaan kami untuk keadilan iklim untuk didengar di COP 21”. Perencanaan inisiatif dari gereja, organisasi ekumenis dan mitra iman mereka disebut “memotivasi” oleh Hirsch. Namun, ia mengatakan “momentum upaya ini bisa turun jika COP 21 tidak mampu memberikan”.

Organisasi berikut mengambil bagian dalam pertemuan persiapan Jenewa: ACT Alliance, Konferensi Gereja Eropa, Bantuan Gereja Norwegia, MISEREOR, Hijau Ziarah Jaringan, Roti untuk Dunia, The Lutheran World Federation, Christian Aid, Secours Catholique, CIDSE, dan CCFD-Terre Solidaire. (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home