Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:01 WIB | Selasa, 14 November 2017

Uni Eropa Setujui Sanksi Ekonomi Terhadap Venezuela

Ilustrasi. Seorang aktivis oposisi Venezuela mengacungkan tanda V saat ia berdiri di belakang sebuah barikade yang dipasang saat demonstrasi melawan Presiden Nicolas Maduro di Caracas, pada tanggal 24 April 2017. Pengunjuk rasa yang memblokir jalan utama Venezuela, mendapat tekanan Maduro setelah tiga minggu kerusuhan mematikan yang menyebabkan 25 orang tewas. (Foto: AFP)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM - Uni Eropa telah menyetujui sanksi ekonomi, termasuk embargo senjata terhadap Venezuela, hari Senin (13/11).

Para menteri luar negeri Uni Eropa yang mengadakan pertemuan di Brussels mengumumkan langkah itu sebagai tanggapan atas pemilihan daerah atau pilkada bulan lalu, yang kata mereka memperburuk krisis negara tersebut.

Larangan senjata itu dimaksudkan untuk mencegah pemerintahan Presiden Nicolas Maduro membeli peralatan militer yang dapat digunakan untuk penindasan atau pengintaian.

Sanksi itu juga mencakup pembuatan sistem untuk pembekuan asset dan larangan perjalanan terhadap beberapa pejabat Venezuela masa lampau dan yang sekarang yang dekat pada Maduro.

Spanyol telah lama mengusahakan sanksi terhadap orang-orang yang dekat dengan Maduro, tetapi Uni Eropa terpecah mengenai siapa yang harus dikenakan sanksi.

Namun, para menteri mengatakan dalam pernyataan hari Senin bahwa mereka memusatkan perhatian pada pasukan keamanan dan para menteri serta lembaga yang dituduh melanggar hak azasi manusia, dan tidak menghormati azas demokrasi atau kekuasaan hukum.

Kamis lalu, Amerika mengenakan sanksi keuangan terhadap 10 mantan pejabat Venezuela serta pejabat yang sekarang karena tuduhan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan yang berhubungan dengan penindakan Maduro terhadap oposisi. (VOA)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
7 Dasawarsa BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home