Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:35 WIB | Rabu, 21 Februari 2018

Upacara Turun Takhta Kaisar Digelar 30 April 2019

Kaisar Akihito. (Foto: Newsstand)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Jepang menyatakan upacara turun takhta Kaisar Akihito yang diadakan pada tanggal 30 April tahun depan, sebagai acara kenegaraan.

Panel yang dikepalai oleh Menteri Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga merencanakan upacara turun takhta Kaisar pada tanggal 30 April 2019 dan upacara naik takhta Putra Mahkota Naruhito keesokan harinya.

Pada pertemuan hari Selasa (20/2/2018), para anggota panel menyetujui pedoman dasar upacara turun takhta setelah menerima penjelasan mengenai rekomendasi pakar, termasuk mantan ketua Makhamah Agung Itsuo Sonobe.

Rencana itu menyatakan bahwa upacara digelar guna menginformasikan masyarakat mengenai turun takhta Kaisar. Upacara tersebut akan menjadi kesempatan terakhir Kaisar untuk bertemu dengan perdana menteri selaku perwakilan rakyat Jepang.

Pada upacara tersebut, perdana menteri akan mengungkapkan penghargaannya kepada Kaisar atas nama masyarakat dan Kaisar akan menyampaikan pesan kebangsaan.

Undang-undang Jepang saat ini tidak mengatur upacara turun takhta. Para anggota panel setuju untuk mempersiapkan undang-undang yang dibutuhkan. Sementara itu, anggota panel mengatakan upacara kenegaraan lain terkait penobatan Pangeran Akishino sebagai garis pertama pewaris kekaisaran Jepang akan diselenggarakan pada tahun 2020. (nhk.or.jp)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home