Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 09:28 WIB | Senin, 26 Maret 2018

Usai Dipugar, Klenteng Liong Hok Bio Magelang Diresmikan

Klenteng Liong Hok Bio di Magelang seusai dipugar setelah ludes terbakar pada tahun 2014. (Foto: CHC Saputro/indochinatown.com)

MAGELANG, SATUHARAPAN.COOM – Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Liong Hok Bio Magelang yang ludes terbakar akibat kebakaran hebat pada tahun 2014, Minggu (25/3/2018) diresmikan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag) Nur Syam.

“Selamat hari Taoist Internasional dan diresmikannya purna pugar Tempat ibadah Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio Magelang. Semoga keberadaan tempat ini dapat membawa semangat baru bagi saudara-saudara umat Buddha Tri Dharma,” kata Nur Syam, saat diwawancarai awak media usai meresmikan TITD Liong Hok Bio, Magelang, Minggu (25/03).

TITD Liong Hok Bio yang dibangun di atas lokasi klenteng yang lama, berdiri megah dan sudah siap akan menjadi salah satu ikon baru Kota Magelang. Selain menjadi tempat ibadah umat Buddha, TOTD juga bisa menjadi tempat tujuan wisata keagamaan di Magelang.

Ketua harian Klenteng Liong Hok Bio, Wong Su Li, menjelaskan bangunan klenteng baru ini sudah banyak dikunjungi wisatawan, local, dan mancanegara. Menurut Wong Su Li, peresmian TITD Liong Hok Bio berbarengan momen Taoist Day, yakni peringatan ulang tahun Dewa Thay Sang Lao Cin.

Wong Su Li menyampaikan bahwa Dewa Tang Sang Lao Cin merupakan junjungan umat Tao. TITD Liong Hok Bio Magelang sendiri menurutnya sudah dua kali menggelar Taoist Day. Kegiatan ini bukan hanya sekadar kegiatan lokal, akan tetapi pelaksanaan peringatan ini bertaraf internasional.

“Acara ini dihadiri tamu-tamu dari negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, Italia, dan tentunya Tiongkok,” katanya.

Ia menambahkan, peringatan Taoist Day dihelat sejak tanggal 22 Maret 2018. Minggu, 25 Maret menjadi puncak kegiatan dengan menggelar kirab budaya (Jut Bio) dan kirab bumi yang dirangkai dengan peresmian Klenteng Liong Hok Bio.

Tampak hadir dalam acara Kapus KUB Kemenag Feri Meldi, Kakanwil Kemenag Yogyakarta Ahmad Luthfi, Kankemenag Jateng, Ketua PHDI Kota Magelang Gede Mahardika, dan tokoh agama se Jateng. (kemenag.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home