Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 16:36 WIB | Rabu, 17 September 2014

Uskup Agung Canterbury dan Ziarah Keadilan dan Perdamaian

Justin Welby saat berada di Gereja Anglican Holy Trinity Sao Paulo, Brasil. (Foto: oikoumene.org)

SÃO PAULO, SATUHARAPAN.COM – Uskup Agung Canterbury Justin Welby dengan murah hati memberi wawancara pada subjek “ziarah keadilan dan perdamaian” minggu lalu di São Paulo, Brasil.

Kunjungannya ke Brasil adalah bagian dari perjalanan pribadi Welby ke 31 provinsi Anglikan di seluruh dunia sejak penobatannya sebagai Uskup Agung pada Maret 2013.

Uskup Agung Canterbury adalah kepala Gereja Anglikan Inggris. Gereja Inggris adalah salah satu anggota pendiri Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC).

Konsep “ziarah keadilan dan perdamaian” ditemukan dalam panggilan untuk orang-orang Kristen pada Sidang Raya ke-10 WCC, Korea Selatan. Panggilan ini disampaikan oleh Welby pada November 2013.

Ziarah ini dilengkapi dengan penguatan dan tantangan.

Makin banyak saya melakukan perjalanan, saya mengamati bahwa dunia kurang mampu mengatasi keberagaman. Daripada merangkul “orang lain” yang berbeda, sepertinya kita ingin saling mendominasi. Selama beberapa tahun terakhir telah terjadi konflik di sejumlah tingkatan, termasuk konflik kekerasan. Di tempat seperti Republik Demokratik Kongo dan Sudan Selatan, saya telah mendengar cerita-cerita mengerikan tentang pembunuhan, pemerkosaan, dan penyiksaan terhadap perempuan dan anak.

Aspek lain dari konflik adalah konflik lingkungan. Saat berada di Kepulauan Solomon, saya mengamati bahwa masalah ini tidak sederhana. Bangsa ini telah mengalami perang baru-baru ini dan sedang berjuang dengan rekonsiliasi. Masalah besar muncul seiring dengan kenaikan permukaan laut. Apakah kita membiarkan Kepulauan Solomon tenggelam oleh air atau bom, keduanya adalah ketidakadilan.

Ketidakadilan dan kurangnya perdamaian saling berkaitan. Maka, perdamaian mencakup keadilan.

Dalam ziarah ini, ada dorongan dalam kehidupan gereja. Ya, ada perpecahan, tapi kita melihat bahwa Roh Allah sedang bekerja dalam memindahkan orang ke dalam komitmen yang mendalam untuk keadilan dan perdamaian.

Mari saya beri beberapa contoh. Para pemimpin gereja di Sudan Selatan, daripada memihak dalam perang, menyerukan rekonsiliasi yang besar risikonya. Di Republik Demokratik Kongo, Afrika Great Lakes Initiative, yang dipimpin para pemimpin gereja terutama dari Katolik, Anglikan, Protestan dan tradisi Pentakosta, menghasilkan tanda-tanda pertama dari harapan di tengah konflik, tidak hanya di Kongo, tapi juga di Rwanda, Burundi dan Uganda.

Saya akan segera bertemu dengan para pemimpin dari industri pertambangan untuk membahas makna beroperasi dengan baik dalam industri ekstraksi. Inisiatif ini datang dari orang-orang Kristen di industri pertambangan.

Roh Allah dalam karya.

Roh Allah sedang bekerja mengatasi perbedaan denominasi untuk mengatasi masalah perdagangan manusia dan perbudakan. Dialog antara Paus Fransiskus dan saya di mata pelajaran tertentu telah positif. Dia adalah seorang pria dengan humor dan kedalaman kehidupan spiritual yang menantang dan indah. Kami berbicara tentang inisiatif antara Gereja Katolik dan Anglikan mengenai perdagangan manusia dan perbudakan manusia. Proyek ini didukung oleh donatur Australia sangat berkomitmen untuk mengakhiri perdagangan manusia dan perbudakan.

Ini adalah untuk pertama kalinya sejak Reformasi bahwa kita memiliki proyek global patungan besar untuk menantang perdagangan manusia dan perbudakan, bersama-sama dengan LSM, badan amal dan gereja-gereja yang telah bekerja pada isu-isu ini selama bertahun-tahun. Ini adalah tantangan besar.

Komuni Anglikan memiliki jaringan global untuk kampanye melawan kekerasan dalam rumah tangga dan kekerasan berbasis gender, terutama dalam situasi konflik. Pada musim panas ini di Inggris, ada sebuah konferensi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Inggris terhadap kekerasan berbasis gender. Kardinal Nichols, Uskup Agung Gereja Katolik di Westminster Inggris, dan saya, membahas masalah ini.

Saya benar-benar ingin mengatakan bahwa gereja global yang berusaha mencari kehadiran Yesus Kristus akan menemukan sendiri, berpusat oleh semangat ziarah keadilan dan perdamaian dan akan mengubah dunia.

Fundamentalisme, dan hubungan antara Kristen dan Islam.

Fundamentalisme adalah masalah sosiologis daripada sekadar agama. Hal ini ada dalam agama apa pun. Fundamentalisme, dalam arti kita gunakan hari ini, biasanya respons dari sekelompok orang yang merasa sulit untuk mengatasi perubahan dalam masyarakat di sekitar mereka. Jadi mereka berusaha membuat tempat yang tidak ada perubahan, di situ mereka aman. Pada pengecualian dari masyarakat, fundamentalis berakhir sangat cepat menentang arus utama masyarakat. Jadi fundamentalisme merupakan karakteristik umum yang kita temukan sepanjang sejarah.

Setelah pertemuan saya dengan para pemimpin Kristen dari Timur Tengah di Inggris, kami menggambarkan trauma yang dihadapi oleh orang-orang di Irak dan Suriah semengerikan seperti yang dihadapi komunitas Kristen di wilayah itu pada invasi Genghis Khan pada 1259.

Jadi bagaimana seharusnya kita menanggapi itu?

Kami telah melihat sejumlah pemuda Muslim di Eropa, Amerika Serikat, dan Inggris, yang menemukan tujuan hidup dengan terlibat dalam jihad. Pemahaman jihad yang berarti kekerasan ditolak oleh sebagian besar umat Islam. Satu-satunya cara kita bisa mengatasi masalah ini bukan dengan menyederhanakan, tetapi mempertimbangkan semua aspek. Masalah ini harus diatasi dengan cara yang menyatukan semua tradisi agama yang menghargai pendekatan tanpa kekerasan untuk menangani konflik.

Pertanyaan yang diangkat Paus Fransiskus adalah bagaimana kita harus segera merespons masalah ini. Dan, dia mengatakan dia tidak menyerukan supaya jihadis diserang—saya juga tidak—tapi kita perlu melihat segala cara yang mungkin untuk menciptakan tempat yang aman bagi orang-orang Kristen di wilayah itu. Itu mungkin melibatkan tentara dan operasi intelijen. Pemerintah harus memutuskan cara yang dilakukan. Tapi, satu hal berubah di pikiran saya setelah pertemuan dengan para pemimpin Kristen di Timur Tengah saat mereka mengatakan, “Kami tidak ingin suaka. Kami ingin berada di daerah di mana kami tinggal selama 2000 tahun.”

Akhirnya, hubungan dengan Islam rumit karena ada minoritas yang sangat kecil ini, yang sangat berbahaya. Tapi pada 3 September ada pertemuan di luar Westminster Abbey dengan para pemimpin Muslim, Yahudi, dan Kristen dalam menjaga perdamaian di Irak dan Suriah.

Salah satu hal yang berbahaya adalah menyederhanakan masalah yang sangat rumit. Bahaya lainnya adalah berpikir bahwa kita dapat menangani hal ini dengan cepat. Ini akan memakan waktu bertahun-tahun untuk membangun hubungan, menangani masalah-masalah sosial dan ekonomi. Namun di atas semua, yang memungkinkan orang-orang muda untuk mengatasi masalah materialisme dalam masyarakat sehingga mereka menyadari tujuan spiritual di mana mereka dapat melayani Tuhan dengan setia dalam tradisi dari jihad internal perdamaian dan keadilan dalam kehidupan kita. (oikoumene.org)

Artikel terkait Uskup Agung Justin Welby dapat Anda baca di:


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home