Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:34 WIB | Selasa, 27 Februari 2018

Vaksin Baru Tanggulangi Hepatitis B bagi Orang Dewasa

Ilustrasi. Seorang perawat mengisi alat suntik dengan vaksin untuk penanggulangan hepatitis pada klinik imunisasi gratis bagi para siswa sebelum awal tahun sekolah, di Lynwood, California, 27 Agustus 2013. (Foto: Voaindonesia.com/AFP Photo/Robyn Beck)

NEW YORK , SATUHARAPAN.COM – Sebuah panel penasihat federal merekomendasikan sebuah vaksin baru untuk menanggulangi hepatitis B.

Vaksin yang disebut Heplisav-B, memperoleh lisensi di bulan November dan merupakan vaksin hepatitis B baru pertama dalam kurun waktu 25 tahun.

Vaksin hepatitis B, selama berpuluh-puluh tahun normalnya diberikan pada masa kanak-kanak. Vaksin baru ini diberikan untuk orang dewasa.

Virus hepatitis B, dapat merusak hati dan disebarkan lewat kontak dengan darah atau cairan tubuh lainnya. Kasus-kasus serupa telah meningkat, sebuah tren yang dikaitkan dengan penggunaan heroin dan epidemi opioid. Semantara itu, para peneliti menemukan vaksin yang lama tidak efektif pada penderita diabetes dan orang-orang yang berusia lebih lanjut.

Vaksin baru ini, menggunakan aditif yang mendorong respons kekebalan tubuh. Dosisnya diberikan dalam dua kali suntikan dalam kurun waktu satu bulan.

Komite Penasihat untuk Praktik-Praktik Imunisasi mendukung penggunaan vaksin ini pada Rabu (21/2) di Atlanta. Pemerintah pada umumnya mengadopsi apa yang direkomendasikan oleh komite ini.(voaindonesia.com)

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home