Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 20:53 WIB | Jumat, 27 Maret 2015

Veteran Perang Irak, dari Tunawisma Jadi Mahasiswi Harvard

Veteran Perang Irak dan Afghanistan Alicia Watkins. (Foto: Oprah Winfrey)

SATUHARAPAN.COM – Alicia Watkins adalah veteran sersan Angkatan Udara yang bangga bertugas di Irak dan Afghanistan. Dia mempertaruhkan hidupnya untuk kebebasan orang lain. Ia selamat dari serangan 9/11 di Pentagon tetapi menyaksikan rekan-rekannya mati. Tapi itu bukan yang melemahkan semangat, Watkins. Namun, itu adalah fakta bahwa ia pensiun dari militer dan mendapati dirinya tunawisma.

Pada tahun 2010, Watkins mengizinkan “The Oprah Winfrey Show” untuk mendokumentasikan hidupnya sebagai veteran tunawisma. “Dapur”-nya adalah sebuah kotak kardus makanan ringan dan makanan yang dipanaskan dengan microwave. Tempat tidurnya adalah sebuah mobil yang ia sewa untuk $ 10 (Rp 130.000) per hari. Kamar mandinya adalah toilet di berbagai hotel bandara.

Selama 10 tahun menjadi veteran ia terus berjuang. Namun, bahkan saat pada titik paling rendah dalam hidupnya, ia percaya bahwa orang lain sedang berjuang lebih. Pada satu titik, Watkins pernah memiliki rumah, tapi dia menyerahkannya untuk ibu tunawisma dan tiga anak-anaknya.

“Ini mungkin akan berbeda seandainya aku tidak melihat anak-anak dan bayi. Jadi, saya memutuskan untuk berada di jalan dan menempatkan mereka di dalam ruangan,” kata Watkins Oprah lima tahun yang lalu. “Mengapa tidak?”

Sejak wawancara emosional, banyak yang telah berubah untuk Watkins, yang baru-baru ini mengirimkan update ke “Oprah: Di mana Mereka Sekarang” Dalam video di bawah, dia berbagi berita mengejutkan: Sampai wawancara 'Oprah Show'-nya ditayangkan, teman-teman dan keluarga Watkins tidak tahu dia tunawisma.

“Aku ... terasing diri dari semua orang,” ia mengaku sekarang. “Mereka benar-benar terkejut ketika mereka menemukan, dan mereka juga hanya terluka oleh kenyataan bahwa saya menderita.”

Setelah acara Oprah itu, Watkins pindah dengan seorang teman keluarga. Meskipun dia tidak lagi tinggal di mobil, Watkins mengatakan bahwa banyak masalah kesehatannya telah mencegah dia dari mampu bekerja.

“Saya memiliki cedera otak traumatis, saya memiliki gangguan stres pasca-trauma, saya memiliki cedera tulang belakang,” katanya. “Ini adalah jalan yang sulit. Saya akan senang  dapat bekerja hari ini. Saya telah menawarkan diri. Saya memiliki orang-orang yang bersedia membantu saya, tetapi mereka semua harus mendukung kesehatan saya. Walaupun sangat ingin bekerja, saya harus mengakui bahwa saya seorang korban perang.’

Dengan rumah, Watkins memutuskan untuk fokus pada pendidikan dan mulai mendaftarkan diri di perguruan tinggi.

“Saya ingin bisa merawat prajurit yang terluka, dan jadi saya memutuskan untuk mendaftar ke Harvard University,” katanya. “Pada 2012, saya diterima. Biaya kuliah saya dibayar oleh GI Bill.” GI Bill adalah nama populer untuk Servicemen's Readjustment Act of 1944 (P.L. 78-346, 58 Stat. 284m). Yaitu, undang-undang untuk mendukung veteran dalam perumahan, pendidikan, kesehatan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home