Loading...
MEDIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:35 WIB | Selasa, 06 Oktober 2015

VOA Kembali Buka Kesempatan Broadcasting Fellowship ke AS

Konferensi Pers PPIA-VOA Broadcasting Fellowship 2015 di @america, Jakarta. (Foto: voaindonesia)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Lembaga penyiaran milik pemerintah Amerika Serikat VOA kembali membuka program “Broadcasting Fellowship ke AS” bagi para jurnalis maupun lulusan baru di bidang jurnalisme.

“Setiap tahun Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Amerika (PPIA) dan VOA secara konsisten telah mengirimkan jurnalis-jurnalis muda ke AS. Sejak pertama kali diberikan pada tahun 2008 hingga kini, para penerima program fellowship adalah jurnalis-jurnalis muda berbakat dan handal dengan kualitas profesional yang sangat baik,” menurut pernyataan resmi yang dilansir dari voaindonesia.com pada hari Selasa (6/10).

“Kehadiran mereka telah memberikan dampak positif bagi pengembangan berbagai program radio, TV dan new media di VOA Indonesia. Tahun ini menjadi tahun ke-9 penyelenggaraan Program Fellowship yang terbuka untuk lulusan baru perguruan tinggi dalam bidang jurnalisme dan penyiaran atau para jurnalis yang memiliki pengalaman kurang dari tiga tahun di dunia penyiaran, media cetak, elektronik dan internet.”

PPIA dan VOA menawarkan kesempatan bekerja di VOA Indonesia di Washington DC selama enam hingga 12 bulan.

Program ini mencakup biaya perjalanan pulang-pergi dari Indonesia ke Amerika dan Amerika ke Indonesia, akomodasi, biaya hidup, asuransi kesehatan, visa dan fiskal.

“Peluang ini terbuka bagi lulusan baru di bidang jurnalisme dan penyiaran, dan bagi wartawan dengan pengalaman maksimal tiga tahun di bidang penyiaran atau media cetak.”

Untuk mendapatkan formulir pendaftaran PPIA-VOA Broadcasting Fellowship 2016-2017, Anda bisa klik tautan: http://www.voaindonesia.com/section/ppia_voa_fellowship/2202.html.

Kemudian, setelah mengisi formulir Anda dapat mengirimkannya melalui fellowship@voanews.com. Batas akhir pengiriman formulir pendaftaran adalah 31 Desember 2015 (waktu Indonesia).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PPIA dan program-program yang dimiliki, Anda dapat  menghubungi Mr. Rudy Pesik, Ketua PPIA, melalui Telp: 021-7918 1149; 021-79181148. Fax: 021-7918 1148, email: info@ppia-aifa.org.

Syarat Ikuti Fellowship

Setiap tahunnya, PPIA dan VOA memilih satu penyiar atau jurnalis muda. Mereka yang dapat melamar untuk program ini adalah lulusan baru perguruan tinggi, atau mereka yang telah memiliki pengalaman kerja tidak lebih dari tiga tahun.

Selain itu, peserta juga akan mendapatkan visa J-1. Visa ini digunakan oleh peserta untuk pulang ke Indonesia selama kurang lebih dua tahun, sebelum dapat melamar untuk bekerja atau tinggal di Amerika.

“Dengan demikian, peserta dapat menyalurkan pengetahuan dan pengalaman mereka di tanah air sekembalinya dari program ini,” kata pernyataan tersebut.

Tenggat waktu pendaftaran adalah 30 Desember 2015. Dewan juri terdiri dari perwakilan PPIA dan VOA yang akan melakukan seleksi bertingkat terhadap para pelamar dan mengumumkan pemenang pada akhir Januari.

Latar Belakang PPIA

PPIA berdiri tahun 1959 dengan nama Lembaga Indonesia-Amerika (LIA). Tujuan utama organisasi nirlaba PPIA adalah untuk meningkatkan persahabatan antara warga Indonesia dan Amerika. (voaindonesia.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home