Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 09:10 WIB | Jumat, 05 Januari 2018

Vokalis Koes Plus, Yon Koeswoyo, Meninggal Dunia

Yon Koeswoyo. (Foto: Jawa Pos)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dunia hiburan Indonesia berduka. Vokalis Koes Plus, Yon Koeswoyo, meninggal dunia.

Pengamat musik Indonesia, Bens Leo, dalam akun media sosialnya menuliskan: “Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Telah wafat dgn tenang Adik, Kakak, Ayah, Eyang tercinta Yon Koeswoyo (Koes Bersaudara/KoesPlus), pagi ini, Jumat 5 Januari 2018. Rumah duka Jl Salak Pamulang. Berdoa semoga dilapangkan jalannya pulang ke Rumah Tuhan di Surga, dan bagi keluaga yang ditinggalkan diberikan ketabahan untuk mengiklaskan kepulangannya Mas Yon ke Surga Tuhan. (berita duka dari Mas Nomo Koeswoyo, Magelang).” (Dikutip sesuai aslinya, Red).

Kabar diperoleh Bens Leo dari Nomo Koeswoyo, kakak Yon Koeswoyo.

Koesyono Koeswoyo, nama lengkap Yon Koeswoyo, meninggal dalam usia 77 tahun. Dua tahun terakhir, seperti dikatakan Bens dalam wawancara dengan media, Yon masuk-keluar rumah sakit untuk menjalani perawatan atas sakit yang dideritanya.    

Dilahirkan di Tuban, Jawa Timur, 27 September 1940, Yon adalah anggota band legendaris Indonesia, Koes Plus, yang sebelumnya bernama Koes Bersaudara.

Yon membentuk kelompok band bersama saudara-saudaranya, Jon Koeswoyo, Tonny Koeswoyo, Nomo Koeswoyo, Yok Koeswoyo, dan seorang teman keluarga Jan Mintaraga, di bawah payung Kus Brothers pada 1958. Mengutip dari Wikipedia, kelompok musik yang mengambil gaya Every Brothers yang menampilkan dua vokalis, sempat merekam album pada 1962.

Mereka mengubah nama menjadi Kus Bersaudara pada 1963 ketika Jan Mintaraga keluar. Nama itu kemudian berubah lagi, menjadi Koes Bersaudara, dengan keluarnya Jon Koeswoyo, anak laki-laki tertua di keluarga Koeswoyo.

Sepanjang kariernya bermusik, bahkan sempat dipenjara di masa pemerintahan Presiden Soekarno, Yon bersama Koes Bersaudara dan Koes Plus, melahirkan lagu-lagu yang terus dikenang hingga kini, seperti Kapan-kapan, Muda-Mudi, Bujangan, Kolam Susu, Diana,Kisah Sedih di Hari Minggu,dan lain-lain.  

Penggemar musik yang mengalami masa remajanya pada dekade 70-80, mengenang Koes Bersaudara dan Koes Plus sebagai grup musik yang menggaungkan kecintaan pada Tanah Air.

“Terima kasih sudah menghibur dan selalu mengajak untuk mencintai Nusantara,” tulis Bambang Subagyo, penggemar lagu-lagu Koes Plus. 

Editor : Sotyati

Back to Home