Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:02 WIB | Senin, 03 Juli 2017

Wajah Presiden Bashar al-Assad Muncul di Uang Baru Suriah

Foto: sana.sy

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM - Gambar Presiden Bashar al-Assad ditampilkan di mata uang Suriah untuk pertama kalinya, potret Assad dicetak pada uang kertas baru senilai 2.000 pound Suriah (SYP) yang mulai diedarkan pada hari Minggu (2/7).

Gubernur bank sentral Suriah (CBS) Duraid Durgham mengatakan bahwa pecahan uang kertas 2.000 pound tersebut adalah salah satu dari beberapa pecahan baru yang sudah dicetak tahun lalu namun keputusan untuk mengedarkannya tertunda "karena perang dan fluktuasi nilai tukar".

Pecahan baru itu nilainya sekitar 4 dolar AS (250 ribu rupiah) dengan kurs saat ini. Pound Suriah terus jatuh nilainya sejak konflik dimulai pada 2011, dari 47 pound per dolar AS pada 2010 menjadi sekitar 500 pound per dolar sekarang ini.

Duraid Durgham mengatakan bahwa waktunya tepat untuk mengeluarkan pecahan uang baru tersebut karena keausan dan kerusakan dari uang lama yang sudah beredar, kantor berita negara SANA melaporkan.

Sebelumnya, denominasi tertinggi uang kertas Suriah adalah 1.000 pound. Ayah Assad, Presiden Hafez al-Assad yang meninggal pada tahun 2000, dicetak di koin dan kertas pecahan 1.000 pound edisi lama, dan masih beredar.

Durgham mengatakan bahwa uang baru itu beredar "di Damaskus dan di sejumlah provinsi". (reuters.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home