Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 09:52 WIB | Selasa, 06 Mei 2014

Wakil Sulsel I: Dinasti Yasin Limpo

Rekapitulasi. (Foto: KPU)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Delapan partai mendapat masing-masing satu kursi di kursi DPR-RI untuk daerah pemilihan Sulawesi Selatan  yang meliputi Kabupaten Selayar, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Takalar, Kabupaten Gowa, dan Kota Makassar. Anak dan adik Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, lolos ke Senayan untuk periode 2014-2019.

Enam wakil Sulsel I adalah muka baru. Yaitu: Andi Ridwan Wittiri (PDIP) seorang pengusaha pertambangan batu bara dan pelayaran. Pria asal Soppeng, Sulsel ini dikabarkan menyumbang ke PDIP Rp 5,2 miliar untuk pencalonannya sebagai anggota legislatif.

Muka baru muncul di Golkar. Hamka B. Kady adalah mantan Deputi Sekjen PSSI Bidang Organisasi. Ia juga  mantan Direktur Operasional Puskud Hasanuddin (menggantikan posisi Nurdin Halid). Pada waktu itu ia sempat ditetapkan menjadi tersangka pada kasus BPPC pada 1992/1993.

Azikin Solthan dari Partai Gerindra, menggeser rekannya di DPR periode 2009-2014, Mestariyani Habie. Sebelum menjadi caleg ia adalah Inspektur Provinsi Sulawesi Selatan. Pernah menjadi pejabat Bupati Bulukumba.

Aliyah Mustika Ilham dari Partai Demokrat adalah istri wali kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin. Dari PPP ada muka baru, Amir Uskara adalah ketua DPD PPP Sulawesi Selatan. Saat ini ia adalah ketua fraksi PPP di DPRD Sulawesi Selatan. Saat konflik internal PPP kemarin, ia termasuk yang dipecat dari PPP oleh ketua umumnya, Surya Dharma Ali.

Dewie Yasin Limpo dari Hanura adalah adik dari Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. Pada periode lalu Dewie sempat membuat heboh karena menjadi anggota DPR dengan surat palsu dari Mahkamah Konstitusi. Namun, akhirnya keputusan palsu tersebut dibatalkan dan kursinya diberikan kepada caleg Gerindra, Mestariyani Habie.

Dua anggota DPR yang bertahan adalah caleg PAN, Indira Chunda Thita P Syahrul. Ia adalah anak perempuan Gubernur Sulsel. Selain Indira ada Tamsil Linrung. Politikus PKS ini pada periode lalu adalah anggota DPR dari Dapil Sulsel II. Kini ia pindah dapil. Tamsil pernah mencalonkan diri menjadi wali kota Makassar periode 2009-2014. Ia sempat dituduh terlibat kasus dugaan korupsi Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah (DPDI).

Dinasti Limpo

Uniknya di Sulawesi Selatan ini, keluarga Gubernur Sulsel cukup dominan. Menurut rmol.co, Dinasti Politik yang dibangun di kawasan Sulsel adalah Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Bupati Gowa Ihsan Yasin Limpo (saudara kandung), Anggota DPRD Sulsel Tenri Yasin Limpo (saudara kandung), Caleg DPR RI Hanura Dewi Yasin Limpo (saudara kandung).

Selain itu, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Irman Yasin Limpo (saudara kandung), Anggota DPRD Kota Makassar Haris Yasin Limpo (saudara kandung), Anggota DPRD Sulsel Adnan Puchrita (keponakan), Caleg DPR Golkar Susilo MT Harahap (ipar), dan juga Caleg DPRD Gowa Akbar Danu Indarta (keponakan). Data-data diperoleh dari hasil pengesahan pada sidang pleno Komisi Pemilihan Umum pada Selasa (6/5) dini hari. (Rep. Prasasta Widiadi)

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home