Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Sotyati 09:44 WIB | Rabu, 30 Juli 2014

Wamenhub: Tiga Strategi Tingkatkan Kelancaran Mudik 2015

Wamenhub Bambang Susantono. (Foto: dephub.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan ada tiga strategi yang bisa dipelajari dari pelaksanaan angkutan mudik 2014 untuk meningkatkan kelancaran mudik 2015. Tiga strategi itu, seperti dikemukakan Wamenhub saat mengunjungi Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2014 pada 28 Juli, adalah penyelesaian infrastruktur jalan, peningkatan kapasitas angkutan laut, dan peningkatan optimalisasi jalur ganda.

Wamen mengatakan Tol Cikampek-Palimanan yang dapat beroperasi pada musim mudik 2015, diharapkan bisa mengurangi beban Pantura. “Dengan beroperasinya Tol Cikampek-Palimanan tekanan terhadap jalan Pantura berkurang,” kata Bambang.

Kelancaran arus mudik tahun 2015 juga dapat dilakukan dengan meningkatkan kapasitas angkutan laut, “Saat ini Kemenhub telah mengadakan mudik gratis dengan moda angkutan laut dua kali ke Semarang dan itu terisi penuh. Saya kira itu bisa menjadi preseden baik. Tahun depan akan lebih kita tingkatkan,” Bambang menambahkan.

Faktor ketiga adalah peningkatan optimalisasi jalur ganda kereta dengan meningkatkan kapasitas daya kereta api. Selain 12 perjalanan kereta api yang disiapkan untuk angkutan mudik Lebaran 2014 ini, PT KAI menambahkan dua perjalanan kereta buatan PT Inka, yaitu Kereta Sawunggalih jurusan Pasar Senen – Kutoarjo dan Kereta Api Menoreh jurusan Pasar Senen - Semarang Tawang. (dephub.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home