Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 08:10 WIB | Jumat, 21 November 2014

Wapres AS: Korupsi Ancaman Wirausaha

Joe Biden di forum Konferensi Kewirausahaan Global (GES) ke-5 pada 2014 di Maroko. (Foto: moroccoworldnews.com)

MARRAKESH, SATUHARAPAN.COM - Wakil Presiden AS Joe Biden mengingatkan bahwa korupsi merupakan ancaman bagi wirausaha karena menghalangi upaya untuk mencapai kesejahteraan. 

Korupsi itu ancaman karena itu dibutuhkan pemerintahan yang baik dan pertahanan yang baik," katanya ketika berbicara di forum Konferensi Kewirausahaan Global (GES) ke-5 pada 2014 yang berlangsung di salah satu tenda besar dari 12 yang disiapkan untuk konferensi di Marrakesh, Maroko, Kamis (20/11) waktu setempat.

Biden yang sebelum berpidato mendapatkan lagu Selamat Ulang Tahun dari peserta konferensi yang berlangsung pada 20-21 November mengatakan, orang suskses akan menciptakan kestabilan dan menghindari melakukan kerusuhan. Setiap kita memiliki itu," katanya.

Karena itu ia minta agar setiap wirausahawan memanfaatkan kesempatan. Berikan mereka (usahawan) kemerdekaan untuk mencoba dan salah," katanya.

Biden juga mengatakan bahwa kewirausahawan merupakan harga diri dan rasa hormat yang banyak tantangan untuk menumbuhkannya di negara berkembang. Kewirausahaan menciptakan jutaan kerja. 

Tidak peduli di mana pun kalau orang tidak dapat edukasi, mereka tidak mendapat kerja, tidak dapat penghasilan, jadi mereka mencuri, korupsi, atau populasi perempuan tidak dapat berkontribusi," katanya.

Pemerintah di kawasan harus bekerja sama untuk mengedukasi para usahawan agar mencapai kesuksesan. Itu bukan pernyataan, kesempatan jadi usahawan tidak pernah pudar. 30 tahun lalu, apaka kita memiliki terobosan, dan bayangkan apa yang akan terjadi pada 20 tahun ke depan," katanya.

Sedikitnya 3.000 orang dari 50 negara datang ke Marrakesh untuk mendiskusikan, berdebat dan menciptakan peluang baru untuk kemitraan dan bisnis. Mereka antara lain pengusaha, laki-laki maupun perempuan, diplomat, pejabat, pemimpin proyek, pakar kewirausahaan, perwakilan perusahaan dana investasi, lembaga keuangan, LSM dan universitas.

Lokasi khusus disiapkan di kota Marrakesh untuk penyelenggaraan tersebut, dimana seluruh kegiatan itu dilaksanakan. Lokasi itu akan terdiri dari tenda-tenda besar tempat penyelenggaraan seluruh sesi pleno, tiga lokasi untuk organisasi workshop tematis, dan desa inovasi.

GES Marrakesh 2014 diselenggarakan bersama oleh Kerajaan Maroko dan Amerika Serikat (AS). Konferensi itu merupakan platform global untuk saling tukar ide dan pengalaman. Undangan untul lebih mendunia, menemukan peluang baru, mengembangkan rencana bisnis inovatif dan merekatkan aliansi yang kuat antara sesama wirausaha di seluruh dunia.

Kegiatan pertama GES diselenggarakan di Washington (AS) pada 2010. Kemudian dilanjutkan di Istanbul (Turki) pada 2011. Kemudian di Dubai (UEA) pada 2012, yang dilanjutkan di Kuala Lumpur (Malaysia) pada 2013. Penyelenggaraan ke-5 di Marrakesh akan menjadi yang pertama di Afrika sejak dimulainya konferensi tersebut. (AFP


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home