Loading...
EKONOMI
Penulis: Martha Lusiana 16:20 WIB | Senin, 11 Mei 2015

Wapres Jusuf Kalla Resmikan Program Jaring OJK dan KKP

Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah). (Foto: setkab.go.id)

MAKASSAR, SATUHARAPAN.COM – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meresmikan peluncuran Program Jangkau, Sinergi, dan Guidline (JARING), yang merupakan inisiatif Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beserta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), di Pantai Boddia, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Senin (11/5).

JK meresmikan peluncuran JARING dengan memukul gendang tradisional Makassar bersama Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hada, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, dan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo.

Acara ini juga diisi dengan tiga perjanjian kesepahaman, yaitu antara OJK, KKP, dan Kamar Dagang dan Investasi (Kadin) Indonesia.

Nota kesepahaman program ini ditandatangani oleh OJK dan KKP melalui Muliaman dan Menteri Susi. Sementara itu, perjanjian antara OJK dan Kadin juga telah ditandatangani oleh Muliaman dan Ketua Kadin, Suryo Bambang Sulistio, serta kesepahaman antara KKP dan Kadin.

Peluncuran buku Program JARING menandai dimulainya program yang bertujuan meningkatkan pembiayaan di sektor Kelautan dan Perikanan agar terus bertumbuh serta mendorong perluasan akses masyarakat terhadap Sektor Jasa Keuangan (SJK).

Buku tersebut berisi penyediaan data dan informasi yang komprehensif mengenai sektor Kelautan dan Perikanan kepada SJK yang berisikan data, informasi potensi bisnis, peta risiko, value chain bisnis dan skim pembiayaan kepada sektor Kelautan dan Perikanan. Buku tersebut juga dilengkapi dengan uraian dukungan regulasi dari instansi terkait.

“Program JARING diharapkan dapat menjawab kebutuhan stakeholders terhadap informasi tentang database Kelautan dan Perikanan, skim pembiayaan, pemetaan risiko bisnis dan dukungan regulasi dari otoritas terkait,” kata Muliaman dalam siaran media di laman resmi ojk.go.id.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home