Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 17:29 WIB | Jumat, 21 November 2014

Wapres: Konflik Agama karena Surga `Dijual` Murah

Wakil Presiden Republik Indonesia Yusuf Kalla. ( Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan konflik berbasis agama terjadi salah satunya karena adanya pemimpin agama yang menjual murah surga dengan mengajarkan membunuh maupun dibunuh dalam konflik tersebut mendapatkan ganjaran surga.

"Ada di antara pemimpin agama yang menjual murah surga, banyak ajarkan dengan membunuh dan dibunuh, dibakar dan membakar itu masuk surga, karena itu banyak hal terjadi sebenarnya kurang dipahami oleh kita," kata Wapres saat memberikan sambutan dalam Forum Perdamaian Dunia ke-5 di Jakarta, Kamis (20/11) malam.

Ia menambahkan, "Orang melakukan bom bunuh diri, dia tidak cari uang, tapi (masuk) surga dengan gampang. Orang saling bunuh tentu tak cari uang, kedudukan, tapi supaya masuk surga dengan cepat. Artinya, mari siarkan, sebenarnya masuk surga tak segampang itu, misalnya membunuh orang dengan mudah."

Ia mencontohkan apa yang terjadi di Timur Tengah, misalnya ISIS. "Itu disebabkan karena obral surga. Itu selalu saya katakan, seperti pengalaman kita (dalam penanganan) di Poso, Ambon, Aceh. Selalu, di antara konflik itu, membunuh dan dibunuh (dilakukan) sambil tersenyum, karena akhir hidup bagi dia akhirat. Surga yang menunggunya. Sungguh pemahaman yang harus diluruskan, dengan begitu konflik dapat diperbaiki," kata Wapres.

Sementara itu, Wapres menyoroti, konflik juga disebabkan oleh terjadinya ketidakadilan, baik ketidakadilan ekonomi, politik, sosial maupun antardaerah.

Untuk itu, salah satu upaya penting dalam mencegah terjadinya konflik adalah menghilangkan ketidakadilan yang terjadi.
Sementara itu, Forum Perdamaian Dunia ke-5, diikuti lebih dari 100 partisipan dari berbagai negara, baik agamawan, politisi, pengusaha, pengambil kebijakan, aktivis, dan para pemangku kepentingan yang peduli dalam resolusi konflik.

"Acara ini memang dirancang sebagai ajang silaturahmi, tukar menukar pengalaman di antara pegiat perdamaian," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Dien Syamsuddin saat memberikan sambutan dalam acara tersebut. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home