Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 16:26 WIB | Senin, 29 Januari 2018

Wapres-Pejabat Afghanistan Sambut Presiden Jokowi di Kabul

Presiden Jokowi menggandeng tangan Ibu Negara Iriana saat turun dari pesawat Kepresidenan Indonesia-1, di Bandara Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, Senin (29/1) siang. (Foto: Setkab/Setpres)

KABUL, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi)) dan Ibu Negara Iriana tiba di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, Senin (29/1) siang pukul 11.40 Waktu Setempat (WS) atau 14.10 WIB.

Kunjungan Kenegaraan Presiden Jokowi ke Afghanistan ini merupakan kunjungan kedua Presiden Republik Indonesia ke Afghanistan setelah Kunjungan Kenegaraan Presiden Sukarno yang dilakukan pada tahun 1961.

Di pintu pesawat, Duta Besar Republik Indonesia untuk Afghanistan Arief Rachman dan Kepala Protokol Negara Afghanistan menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana.

Udara dingin bahkan hujan salju yang menyelimuti Kabul tidak mengurangi hangatnya penyambutan yang dilakukan pemerintah Afghanistan.

Sejumlah pejabat Afghanistan di antaranya Wakil Presiden (Wapres) Sarwar Danish, Menteri Luar Negeri Salahudin Rabbani, Menteri Keuangan Eklil Hakimi, Duta Besar Afghanistan untuk Indonesia Roya Rahmani, Gubernur Kabul Mohammad Yaqoub Haidan, Wali Kota Kabul Abdullah Habibzal menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin, mengatakan, dalam kunjungan kenegaraan ke Kabul itu, Presiden Jokowi diagendakan akan melakukan serangkaian kegiatan kenegaraan dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, yaitu tete-a-tete, pertemuan bilateral, dan memberikan pernyataan bersama.

“Presiden juga akan bertemu dengan High Peace Council (HPC) Afghanistan di Istana Haram  Sarai (Wisma Negara). Setelah itu, Presiden akan mengikuti jamuan santap siang bersama di Istana Presiden,” jelas Bey dalam siaran persnya pagi ini.

Sore harinya, menurut Bey, Presiden Jokowi dijadwalkan akan mengunjungi Istana Darul Aman yang juga menjadi agenda penutup kunjungan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana ke Afghanistan.

“Dari Bandara Internasional Hamid Karzai, Afghanistan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara beserta rombongan akan kembali ke tanah air,” kata Bey.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana dalam kunjungan ke Afghanistan itu antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menlu Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki.

Kunjungi Kamp Pengungsi

Sebelumnya selama kunjungan di Bangladesh, Sabtu (27/1) hingga Minggu (28/1), Presiden Jokowi telah melakukan pertemuan dengan Presiden Bangladesh Abdul Hamid dan Perdana Menteri Sheikh Hasina. Presiden juga menerima kunjungan kehormatan dari Menlu Bangladesh.

Tidak hanya itu, Presiden dan Ibu Negara Iriana Jokowi juga mengunjungi Kamp Jamtoli di Cox’s Bazar, tempat penampungan pengungsi Rakhine State, Myanmar.

Kunjungan ke National Martyrs’ Memorial dan Bangabandhu Memorial Museum melengkapi rangkaian kunjungan Kepala Negara di Bangladesh. (Setkab)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home