Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 13:07 WIB | Selasa, 28 April 2015

Warga Bersihkan Abu Vulkanik Gunung Calbuco

Tentara dan warga sipil bahu-membahu membersihkan abu vulkanik di Kota La Ensenada, Cile. (Foto: abc.net.au)

LA ENSENADA, CILE, SATUHARAPAN.COM – Sebanyak 1.500 penduduk kota wisata La Ensenada, Cile, tengah sibuk membersihakan abu vulkanik yang jatuh dari letusan Gunung Calbuco pekan lalu, dengan dibantu oleh tentara militer yang bersiaga sejak status darurat ditetapkan.

Orang-orang di kota tersebut mengenakan masker agar abu vulkanik tidak terhirup. Mereka masih belum diizinkan kembali menetap di rumah mereka karena gunung tersebut masih menunjukkan aktivitas. Selain itu, potensi hujan lumpur dalam beberapa hari mendatang mengancam warga setempat.

Erupsi Gunung Calbuco memuntahkan 210 juta ton abu yang memaksa ribuan penduduk setempat mengungsi. Beratnya abu yang jatuh juga menyebabkan rumah, sekolah, dan jembatan runtuh, serta mengganggu jadwal penerbangan.

Sebuah restoran di sekitar Gunung Calbuco juga runtuh tertimpa abu vulkanik. Rony Alvarado, pemilik restoran, mengatakan, ia akan terus menunggu selama gunung tersebut tetap menunjukkan aktivitas. Namun, Alvarado akan membangun restoran baru.

Pihak berwenang  masih berjaga-jaga pada radius 20 kilometer di sekitar Gunung Calbuco, 1.000 kilometer sebelah selatan Satiago, ibukota Cile.

Selain menyebabkan bangunan runtuh, erupsi gunung tersebut juga memaksa 4.000 domba dievakuasi. Para petani khawatir hal ini akan mengganggu  mata pencaharian mereka. Oleh sebab itu mereka akan menerima bantuan untuk menutupi kerugian besar yang diderita. Di daerah ini, masyarakat La Esnenada bergantung pada sektor pertanian dan pariwisata. (abc.net.au/euronews.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home