Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:55 WIB | Kamis, 21 Januari 2021

Warga di Tamil Nadu Rayakan Pelantikan Kamala Harris sebagai Wapres AS

Warga di Tamil Nadu Rayakan Pelantikan Kamala Harris sebagai Wapres AS
Seorang anak bereaksi ketika penduduk desa memegang plakat yang menampilkan Wakil Presiden terpilih AS Kamala Harris setelah berpartisipasi dalam doa khusus sebelum pelantikannya, di luar kuil Hindu di Thulasendrapuram, kota asal kakek dari pihak ibu Harris, di selatan Chennai, negara bagian Tamil Nadu, India, hari Rabu (20/1/2021). (Foto-foto: AP/Aijaz Rahi)
Warga di Tamil Nadu Rayakan Pelantikan Kamala Harris sebagai Wapres AS
Penduduk desa menyalakan petasan dan memegang plakat yang menampilkan Wakil Presiden terpilih AS, Kamala Harris, menjelang pelantikannya, di Thulasendrapuram, kota kelahiran kakek dari pihak ibu Harris, di Chennai, negara bagian Tamil Nadu, India.

THULASENDRAPURAM, SATUHARAPAN.COM-Penduduk dari desa kecil di India yang dikelilingi oleh sawah berbondong-bondong ke kuil Hindu, menyalakan petasan dan berdoa, ketika mereka menyambut Kamala Harris, yang memiliki akar kuat di desa itu, dilantik menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat pada hari Rabu (20/1).

Sekelompok perempuan yang mengenakan kain sari cerah dan pria mengenakan celana dhoti putih menyaksikan pelantikan secara langsung saat wartawan menyiarkan perayaan di desa tersebut kepada jutaan orang India. Penduduk desa meneriakkan "Hidup Kamala Harris" sambil memegang potretnya dan menyalakan kembang api saat dia mengambil sumpah.

Sebelumnya, desa-desa di sana menghiasi kuil mereka dengan bunga, memberikan doa khusus untuk kesuksesan Harris. Kakek dari pihak ibu Harris lahir di desa Thulasendrapuram, sekitar 350 kilometer dari kota pesisir selatan, Chennai.

“Kami merasa sangat bangga bahwa seorang India terpilih sebagai wakil presiden Amerika,” kata guru Anukampa Madhavasimhan.

Pada upacara doa di Thulasendrapuram, patung dewa Hindu, Ayyanar, wujud Dewa Siwa, dimandikan dengan susu dan dihias dengan bunga oleh seorang pendeta. Kemudian warga desa menyalahan petasan saat orang-orang mengangkat poster Harris, dan bertepuk tangan.

Harris membuat sejarah pada hari Rabu sebagai wakil presiden AS berkulit hitam, Asia Selatan, dan wanita pertama dan yang membuatnya spesial bagi desa adalah warisan Indian-nya.

Kakek dari Tamil Nadu

Kakek Harris lahir lebih dari 100 tahun yang lalu. Beberapa dekade kemudian, dia pindah ke Chennai, ibu kota negara bagian Tamil Nadu. Almarhum ibu Harris juga lahir di India, sebelum pindah ke AS untuk belajar di University of California. Dia menikah dengan pria Jamaika, dan mereka menamai putri mereka Kamala, kata Sansekerta untuk "bunga teratai".

Dalam beberapa pidatonya, Harris sering berbicara tentang akarnya dan bagaimana dia dibimbing oleh nilai-nilai kakek dan ibunya yang lahir di India.

Jadi, saat Joe Biden dan Harris menang dalam pemilu AS November lalu, Thulasendrapuram menjadi pusat perhatian di seluruh India. Politisi lokal berbondong-bondong ke desa dan anak-anak kecil yang membawa plakat dengan foto Harris berlari di sepanjang jalan yang berdebu.

Dulu dan sekarang, penduduk desa menyalakan petasan dan membagikan permen dan bunga sebagai persembahan keagamaan.

Poster dan spanduk Harris dari bulan November masih menghiasi dinding di desa dan banyak yang berharap dia naik ke kursi kepresidenan pada 2024. Biden telah menjawab pertanyaan tentang apakah dia akan mencari pemilihan kembali atau pensiun.

“Selama empat tahun ke depan, jika dia mendukung India, dia akan menjadi presiden,” kata G Manikandan, yang mengikuti politik Harris, dan tokonya dengan bangga memajang kalender dinding bergambar Biden dan Harris.

Pada hari Selasa, sebuah organisasi yang mempromosikan vegetarianisme mengirimkan paket makanan untuk anak-anak desa sebagai hadiah untuk merayakan kesuksesan Harris. Di ibu kota India, New Delhi, ada kegembiraan, meskipun ada yang khawatir pada pandemi, atas kenaikan Harris menjadi wakil presiden.

Namun Perdana Menteri Narendra Modi telah berinvestasi pada Presiden Donald Trump, yang mengunjungi India pada Februari tahun lalu. Banyak pendukung nasionalis Hindu Modi juga kesal dengan Harris, ketika dia menyatakan keprihatinannya tentang Kashmir, wilayah mayoritas Muslim yang disengketakan yang statusnya dicabut oleh pemerintah India tahun lalu. (AP)

Editor : Sabar Subekti

BPK Penabur-Start Up
Zuri Hotel
Back to Home