Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:17 WIB | Senin, 21 November 2016

Warga Gunung Kidul Temukan Menhir Purbakala

Ilustrasi: Petugas menunjukan Dolmen yang berada di situs purbakala Cipari, Kuningan, Jawa Barat, Senin (2/9/2016). (Foto: Anatara/Dedhez Anggara)

GUNUNG KIDUL, SATUHARAPAN.COM - Warga Sokoliman II, Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menemukan menhir purbakala dengan panjang sekitar empat meter yang diperkirakan buatan 2000 tahun sebelum masehi.

Salah seorang warga Parjio di Gunung Kidul, Minggu (20/11), mengatakan, menhir pertama kali ditemukan warga saat menggali liang kuburan di Pemakaman Umum Sokoliman.

Saat itu, warga kaget karena ditemukan batu cukup panjang. Warga kemudian terus menggali dan mengangkat batu yang memiliki dua bagian. Batu tersebut memiliki panjang 2,82 meter. Namun setelah batu digali lebih panjang ditemukan satu lagi potongan menhir dengan panjang 75 centimeter, dengan diameter hampir 1 meter.

"Batu menhir itu sudah diserahkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta pada 10 Oktober," kata Parjio.

Menurut dia, menhir tersebut sudah diteliti oleh petugas BPCB dan saat ini disimpan di sekitar Situs Sokoliman. Nantinya, menhir tersebut akan menjadi salah satu koleksi Situs Sokoliman.

"Saat ini sudah diletakan di Situs Sokoliman agar bisa disimpan di sana," katanya.

Salah seorang tokoh masyarakat Sokoloman Yanto mengatakan,  di wilayah Sokoliman banyak ditemukan berbagai benda purbakala.

"Di sini sejak dulu banyak ditemukan menhir dan benda purbakala. Di lokasi Situs Sokoliman itu di sana komplit," katanya.

Ia mengatakan,  Situs Sokoliman sudah dibangun dengan baik, sehingga saat ini sudah banyak dikunjungi wisatawan.

"Sekarang di lokasi Situs Purbakala Sokoliman sudah bagus," katanya.

Sementara Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta Wahyu Astuti,  mengatakan,  menhir yang ditemukan diperkirakan usianya 2000 tahun sebelum masehi. "Menhir yang ditemukan itu, usianya sekitar 2000 tahun sebelum masehi, dan saat ini sudah diamankan di Situs Sokoliman," katanya. (Ant)

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home