Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 17:49 WIB | Kamis, 19 Desember 2019

WCC Berupaya Perkuat Jaringan Kesehatan Kristen

Perwakilan dari berbagai organisasi kesehatan ekumenis berkumpul di Jenewa, Swiss, pada pertengahan Desember, membicarakan cara terbaik memperkuat jaringan kesehatan Kristen di seluruh dunia. (Foto: WCC/Grégoire de Fombelle)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Perwakilan dari berbagai organisasi kesehatan ekumenis berkumpul di Jenewa pada pertengahan Desember, membicarakan cara terbaik untuk memperkuat jaringan kesehatan Kristen di seluruh dunia.

Konsultasi ini merupakan bagian dari implementasi menyeluruh Dewan Gereja Sedunia (World Council of Churches/WCC) terkait strategi kesehatan global ekumenis pada periode menjelang pertemuan WCC berikut, pada tahun 2021.

Eksekutif program WCC untuk Kesehatan dan Penyembuhan, Dr Mwai Makoka, yang menjadi tuan rumah pertemuan, menjelaskan peran WCC dalam bidang ini “adalah untuk mengurangi kesenjangan fungsional antara gereja dan rumah sakit gereja, sehingga rumah sakit yang dikelola gereja dan fasilitas kesehatan berbasis kesehatan kegiatan di gereja dapat berfungsi sebagai ekspresi kehidupan dan kesaksian gereja.”

Doug Fountain, Direktur Eksekutif Christian Connections for International Health, menyoroti pentingnya jaringan kesehatan Kristen untuk pelayanan. “Kadang-kadang, fasilitas kesehatan terlalu mandiri dan saling bertentangan, sehingga koordinasi yang lebih kuat akan lebih memberikan manfaat. Dengan mempromosikan jaringan ini, kita benar-benar dapat meningkatkan efisiensi serta skala, sementara juga mempromosikan visi Kristen yang mendasarinya,” demikian ia merefleksikan, seperti dilansir situs oikoumene.org pada 19 Desember 2019.

“Kita perlu membuka diri pada jaringan lain, untuk mengetahui apa dan siapa yang paling berhasil, untuk kemudian melihat wilayah di mana organisasi payung seperti WCC atau Christian Connections for International Health dapat lebih memperdengarkan apa yang telah kita buat,” peserta lain, Priya John, yang berbicara sebagai Sekretaris Jenderal Asosiasi Medis Kristen India, menambahkan.

Untuk menerapkan strategi kesehatan global ekumenis, Makoka menggarisbawahi, “landasan alkitabiah dari pekerjaan kesehatan di rumah sakit gereja perlu diperkuat, dan maju ke depan.”

Untuk Makoka, yang baru-baru ini ditunjuk masuk dalam Kelompok Kerja Masyarakat Sipil Organisasi Kesehatan Dunia untuk Penyakit Tidak Menular, WCC memiliki peran kunci untuk dimainkan, dalam bekerja secara aktif dengan gereja-gereja anggota dan badan-badan ekumenis.

“Saya pikir itu adalah akuntabilitas timbal balik yang mengangkat kami, untuk terus berjuang menuju yang terbaik. Kita adalah sesama peziarah, kita berpegangan tangan dengan yang kuat, dan dengan mereka yang tertinggal. Jika Anda mulai merasa lemah, Anda dapat mengulurkan tangan ke saudara Anda,” Makoka menyimpulkan.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home