Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:41 WIB | Rabu, 28 September 2016

WHO: 9 dari 10 Orang di Dunia Hirup Udara Kotor

Ilustrasi penduduk di Beijing, Tiongkok , yang paling menderita dari polusi tinggi. (Foto: france24.com)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Lebih dari 90 persen dari populasi dunia terpapar polusi udara yang berlebihan, yang berkontribusi pada sejumlah masalah kesehatan, menurut sebuah laporan baru dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Data baru yang dirilis hari Selasa (27/9) oleh lembaga PBB tersebut menunjukkan bahwa masalah itu paling terlihat di kota-kota besar, namun kualitas udara di daerah-daerah pedesaan secara mengejutkan juga buruk.

Hal ini "cukup untuk membuat kita semua sangat prihatin," kata Maria Neira, direktur departemen kesehatan publik dan lingkungan WHO. "Ini darurat kesehatan publik. Perlu tindakan cepat segera untuk menanggulangi polusi udara."

WHO memperkirakan lebih dari 92 persen orang terimbas polusi udara, dan udara di bawah standar itu, berkontribusi pada lebih dari enam juta kematian per tahun. Hampir semua kematian itu sekitar 90 persen terjadi di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah.

Data tersebut muncul dari sekitar 3.000 tempat di seluruh dunia, dan berdasarkan pada jumlah partikel kecil dan berbahaya dalam udara.

WHO menolak untuk membuka kepada publik negara mana yang memiliki catatan polusi terburuk, namun wilayah Asia Tenggara dan Pasifik Barat, termasuk Tiongkok, Malaysia dan Vietnam, menunjukkan tingkat polusi tertinggi, menurut data tersebut. (voaindonesia.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home