Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:33 WIB | Rabu, 12 Agustus 2020

WHO Bahas Vaksin COVID-19 dengan Rusia

Rusia Setujui Vaksin COVID-19, Pertama di Dunia.
cantor WHO di Jenewa, Swiss. (Foto: dok.Ist)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan otoritas kesehatan Rusia sedang membahas proses kemungkinan pra kualifikasi WHO untuk vaksin COVID-19 yang baru disetujui, kata juru bicara WHO, hari Selasa (11/8).

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan bahwa Rusia telah menjadi negara pertama di dunia yang memberikan persetujuan peraturan untuk vaksin COVID-19 setelah kurang dari dua bulan pengujian pada manusia, sebuah langkah yang dipuji oleh Moskow sebagai bukti kehebatan ilmiahnya.

"Kami berhubungan dekat dengan otoritas kesehatan Rusia dan diskusi sedang berlangsung sehubungan dengan kemungkinan pra kualifikasi vaksin WHO. Tetapi, sekali lagi pra kualifikasi vaksin apa pun mencakup tinjauan dan penilaian yang ketat dari semua data keamanan dan kemanjuran yang diperlukan," kata juru bicara WHO, Tarik Jasarevic, dalam briefing PBB di Jenewa, mengacu pada uji klinis tersebut.

Masalah Keamanan

Sementara itu, Putin mengatakan ahwa Rusia telah menjadi negara pertama di dunia yang memberikan persetujuan peraturan untuk vaksin COVID-19 setelah kurang dari dua bulan pengujian pada manusia, sebuah langkah yang dipuji oleh Moskow sebagai bukti kehebatan ilmiahnya.

Perkembangan ini membuka jalan bagi inokulasi massal penduduk Rusia, bahkan saat tahap akhir uji klinis untuk menguji keamanan dan kemanjuran terus berlanjut.

Kecepatan di mana Rusia bergerak untuk meluncurkan vaksinnya menyoroti tekadnya untuk memenangkan perlombaan global untuk produk yang efektif, tetapi telah menimbulkan kekhawatiran bahwa hal itu mungkin menempatkan prestise nasional di atas ilmu pengetahuan dan keamanan yang baik.

Berbicara pada pertemuan pemerintah di televisi pemerintah, Putin mengatakan vaksin, yang dikembangkan oleh Institut Gamaleya Moskow, aman dan bahkan telah diberikan kepada salah satu putrinya. "Saya tahu ini bekerja cukup efektif, membentuk kekebalan yang kuat, dan saya ulangi, ia telah melewati semua pemeriksaan yang diperlukan," kata Putin. Ia berharap negara itu segera mulai memproduksi vaksin secara massal.

Persetujuannya oleh kementerian kesehatan menandakan dimulainya uji coba yang lebih besar yang melibatkan ribuan peserta, umumnya dikenal sebagai uji coba fase III. Percobaan semacam itu, yang memerlukan tingkat peserta tertentu yang tertular virus untuk mengamati efek vaksin, biasanya dianggap sebagai prekursor penting agar vaksin dapat menerima persetujuan peraturan.

Regulator di seluruh dunia bersikeras bahwa terburu-buru untuk mengembangkan vaksin COVID-19 tidak akan membahayakan keselamatan. Tetapi survei baru-baru ini menunjukkan meningkatnya ketidakpercayaan publik terhadap upaya pemerintah untuk memproduksi vaksin semacam itu dengan cepat.

Petugas kesehatan Rusia yang merawat pasien COVID-19 akan ditawari kesempatan menjadi sukarelawan untuk divaksinasi segera setelah vaksin disetujui, sebuah sumber mengatakan kepada Reuters bulan lalu.

Lebih dari 100 kandidat vaksin sedang dikembangkan di seluruh dunia untuk mencoba menghentikan pandemi COVID-19. Setidaknya empat berada dalam uji coba manusia Fase III terakhir, menurut data WHO. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home