Google+
Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 08:54 WIB | Kamis, 25 Juni 2020

WHO Dukung Arab Saudi Jemaah untuk Haji 2020 Terbatas

Sekjen WHO, Tedros, Adhanom Ghebreyesus. (Foto: dok. Ist)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendukung keputusan yang diambil Arab Saudi yang membatasi jemaah ibadah haji tahun ini terbatas berdasarkan penilaian risiko di bawah bimbingan WHO, kata Sekjen WHO dalam konferensi pers pada hari Rabu (24/6).

"Awal pekan ini, pemerintah kerajaan Arab Saudi mengumumkan bahwa ibadah haji tahun ini akan dilanjutkan dengan sejumlah peziarah dari berbagai negara yang tinggal di dalam kerajaan. Keputusan ini dibuat berdasarkan penilaian risiko dan analisis skenario yang berbeda sesuai dengan pedoman WHO untuk melindungi keselamatan peziarah dan meminimalkan risiko penularan,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

“WHO mendukung keputusan ini. Kami memahami bahwa itu bukan keputusan yang mudah untuk dibuat, dan kami juga mengerti itu adalah kekecewaan besar bagi banyak Muslim yang berharap untuk melakukan ziarah mereka tahun ini,” tambah Adhanom.

"Ini adalah contoh lain dari pilihan sulit yang harus dilakukan semua negara untuk mengutamakan kesehatan." Sebelumnya pada hari Senin, otoritas Arab Saudi mengkonfirmasi bahwa ibadah haji akan diadakan dalam kapasitas terbatas tahun ini di tengah pandemi global.

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan suatu keharusan bagi Muslim yang sehat setidaknya sekali seumur hidup. Tahun lalu, 2,5 juta orang melakukan ibadah haji ke Mekah dan Madinah.

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
7 Dasawarsa BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home