Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:49 WIB | Minggu, 25 Oktober 2020

WHO: Dunia dalam Titik Kritis Pandemi COVID-19

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto: dok. Ist.)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Dunia sekarang berada pada titik kritis dalam pandemi COVID-19 dan beberapa negara berada di jalur yang berbahaya, menghadapi kemungkinan layanan kesehatan yang runtuh di bawah tekanan, kata Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Jumat (23/10).

"Kita berada pada titik kritis dalam pandemi COVID-19, terutama di belahan bumi utara," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers. "Beberapa bulan ke depan akan menjadi sangat sulit dan beberapa negara berada di jalur yang berbahaya."

“Kami mendesak para pemimpin untuk segera mengambil tindakan, untuk mencegah kematian lebih lanjut yang tidak perlu,  mencegah layanan kesehatan penting dari keruntuhan dan sekolah harus ditutup lagi. Seperti yang saya katakan di bulan Februari, dan saya ulangi hari ini: Ini bukan latihan."

Tedros mengatakan terlalu banyak negara sekarang mengalami peningkatan eksponensial dalam infeksi, "dan itu sekarang mengarah ke rumah sakit dan unit perawatan intensif yang kewalahan karena mendekati atau melebihi kapasitas, dan kita masih baru di bulan Oktober".

Dia mengatakan negara-negara harus mengambil tindakan untuk membatasi penyebaran virus dengan cepat. Meningkatkan pengujian, melacak kontak orang-orang yang terinfeksi dan mengisolasi mereka yang berisiko menyebarkan virus akan memungkinkan negara-negara untuk menghindari penguncian wajib. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home