Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:37 WIB | Selasa, 21 April 2020

WHO: Mencabut Pembatasan Harus Bertahap

Seorang petugas kesehatan memeriksa suhu seorang pelancong sebagai bagian dari prosedur penyaringan virus corona di Bandara Internasional Kotoka di Accra, Ghana, akhir Januari lalu. (Foto: dok. Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa setiap upaya mencabut atau melonggarkan penguncian untuk mencegah penyebaran virus corona baru harus dilakukan secara bertahap, dan jika pembatasan dilonggarkan terlalu cepat, akan ada kebangkitan infeksi.

Langkah-langkah penguncian telah terbukti efektif, dan orang-orang harus siap dengan cara hidup baru yang memungkinkan warga masyarakat menjalankan fungsinya, sementara virus corona sedang dikendalikan, kata Takeshi Kasai, Direktur Regional WHO untuk Pasifik Barat.

Kita harus bersama menyesuaikan hidup dan sistem kesehatan kita dengan epidemi, kata Kasai pada konferensi pers online. "Setidaknya sampai vaksin, atau perawatan yang sangat efektif, ditemukan, proses ini akan perlu menjadi normal baru kita."

Pemerintah yang mempertimbangkan untuk mengakhiri langkah-langkah penguncian harus melakukannya dengan hati-hati dan bertahap, dan terus memantau situasi epidemi, katanya. Selama virus corona beredar, tidak ada negara yang aman dari wabah yang berpotensi besar, katanya. "Individu dan masyarakat harus siap untuk cara hidup baru."

Sementara ini Pasifik Barat dalam beberapa pekan terakhir jauh lebih sulit untuk terkena epidemi dibandingkan Amerika Serikat atau Eropa, meskipun ada peningkatan kasus di Jepang dan Singapura, di antara negara-negara lain.

Kasai juga memperingatkan bahwa epidemi tidak boleh mengganggu program vaksinasi terhadap penyakit lain, seperti polio, campak dan rubella. Kalau tidak, Pasifik Barat bisa menghadapi krisis baru, katanya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home