Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 17:08 WIB | Jumat, 17 April 2015

Wilayah Pencarian MH370 akan Diperluas

Kapal Administrasi Keselamatan Maritim Hai Xin 01 Tiongkok terlihat dari pesawat Kerajaan Selandia Baru Air Force P-3K2 Orion di Samudera Hindia April 13, 2014. (Foto: Dok. satuharapan.com)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM – Pesawat Malaysia Airline dengan nomor penerbangan MH370 yang hilang tahun lalu hingga kini belum ditemukan. Pencarian ini masih terus dilakukan dan akan diperluas jika belum ada tanda-tanda keberadaan pesawat tersebut hingga sebulan ke depan.

“Kami memutuskan untuk memperluas pencarian,” kata Liow Tiong Lai, Menteri Transportasi Malaysia, usai menghadiri pertemuan dengan para pejabat Tiongkok dan Australia di Kuala Lumpur, Kamis (16/4).

Malaysia, Tiongkok, dan Australia adalah tiga negara yang terlibat dalam pencarian MH370 di Samudra Hindia. Sejauh ini, tim pencari telah menyusuri 60 persen dari hamparan laut seluas 60.000 kilometer persegi.

Mereka tidak menemukan jejak atau puing-puing pesawat tersebut di wilayah yang diperkirakan rute penerbangan pesawat. Jika hingga Mei jejak MH370 tak ditemukan, area pencarian akan ditambah menjadi 120.000 kilometer persegi.

Ditulis dalam kantor berita The Guardian, Menteri mengakui penambahan wilayah pencarian bisa memakan waktu hingga satu tahun, mengingat kondisi cuaca buruk di bulan-bulan musim dingin mendatang.

Pesawat MH370 terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing dengan membawa 239 penumpang beserta kru pada 8 Maret 2014 silam. Namun sayangnya, armada tersebut hilang secara misterius, sesaat setelah lepas landas. Peristiwa ini menjadi salah satu misteri terbesar dalam sejarah penerbangan.

Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, mengatakan, penerbangan MH370 berakhir di Samudra Hindia, perairan lepas di barat Australia.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home