Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:36 WIB | Senin, 23 Mei 2016

WOOBS, Bluetooth Speaker Berbahan Kayu Karya Mahasiswa UGM

Mahasiswa UGM kembangkan produk bluetooth speaker berbahan kayu, WOOBS. (Foto: ugm.ac.id)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Di tengah membanjirnya produk-produk teknologi saat ini, estetika dan kepraktisan menjadi salah satu aspek penting yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih sebuah produk. Konsumen, memiliki kecenderungan untuk mencari produk yang dapat memanjakan mereka tidak hanya dengan fitur-fitur yang canggih, tetapi juga dengan desain yang menarik. Hal ini mendorong lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mengembangkan speaker kayu elegan, dan multifungsi yang diberi nama WOOBS (Woody Bluetooth Speaker).

Kelima mahasiswa itu adalah Fajar Ulin Nuha (Ilmu Komputer dan Elektronika), Anindar Naufal Adila (Teknik Industri), Alwy Herfian Satriatama (Elins), Tri Yunianta (Elins), dan Siti Jayimah (Ilmu Ekonomi). Mereka mengembangkan produk ini melalui Program Kreativitas Mahasiswa di bidang Kewirausahaan (PKM-K).

“Selain mudah dibawa ke mana-mana, dan desain yang tidak menjemukan, WOOBS mempunyai banyak fitur yang dapat dimanfaatkan. User dapat menggunakan MP3 Mode, Radio Mode, atau bahkan mengembalikannya sebagai speaker biasa (tanpa bluetooth) dengan menggunakan kabel USB yang telah tersedia dalam paket penjualan,” kata Naufal, selaku desainer produk ini, Jumat (20/5), seperti dilansir dari situs ugm.ac.id.

Berbagai alasan menjadi bahan pertimbangan mereka, untuk mengembangkan model baru dari speaker bluetooth yang telah beredar di pasaran, yaitu dengan menggunakan kayu sebagai alternatif bahan baku produksi.

Untuk pembuatan speaker kayu ini mereka memilih menggunakan pinewood, yang memiliki karakteristik lembut, halus, dan berkualitas tinggi. Keunggulan tambahan dari produk speaker kayu ini adalah, beratnya yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan speaker jenis lain yang seluruh komponen penyusunnya terbuat dari logam berat.

Selain untuk tujuan penjualan, dalam pembuatan WOOBS tim ini juga membawa misi lain, yaitu untuk mendukung kearifan lokal dan penghijauan. Pembuatan produk ini dapat menambah lapangan pekerjaan bagi para perajin kayu, serta meningkatkan nilai tambah bagi produk-produk mereka. Selain itu, tim ini juga memberikan pertanggungjawaban lingkungan dengan menyisihkan sebagian dari keuntungan penjualan untuk mendukung kegiatan penghijauan.

“Kini, bersama Woody Bluetooth Speaker, memperkeras alunan musik tak perlu mengkhawatirkan listrik mati. Kita juga dapat mengekspresikan musik di mana saja tanpa terbebani. Harapannya, WOOBS dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak juga dalam berbagai aspek kehidupan, baik ekonomi, sosial, dan lingkungan,” kata Siti.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home