Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Sabar Subekti 21:10 WIB | Senin, 16 Maret 2020

Yang Perlu Diperhatikan Ketika Harus Bekerja dari Rumah

(Foto ilustrasi: Ist.)

SATUHARAPAN.COM-Akibat penutupan dan pembatasan pergerakan karena menyebarnya penyakit yang ditimbulkan oleh virus COVID-19, banyak orang di berbagai negara di seluruh dunia disarankan untuk bekerja dari rumah.

Bekerja dari rumah merupakan respons atas pandemi ini untuk meminimalkan dampak sosial dan ekonomis. Dan ini termasuk untuk pelajar dan mahasiswa untuk belajar di rumah, dan guru juga bekerja dari rumah.

Dari berbagai sumber yang dihimpun berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika harus bekerja dari rumah.

Lingkungan Kerja

Bekerja dari rumah mungkin membutuhkan penyesuaian, ini terutama karena ada kemungkinan gangguan dari berbagai situasi di rumah. Sangat beruntung jika memang memiliki ruang tersendiri yang terpisah untuk bekerja, untuk mengurangi ganguan dari anggota keluarga lain, pasangan atau anak. Dengan lingkungan kerja yang tenang akan membangun mental kerja dan pola pikir yang diharapkan sama produktifkan dengan di kantor atau tempat kerja sebelumnya.

Jauhkan atau Matikan Televisi

Yang hidup dalam keluarga dan memiliki anak, memang memiliki tantangan lebih, meskipun saat istirahat bisa lebih menyenangkan. Bagi mereka yang tidak memiliki anak, televisi mungkin menjadi sumber gangguan di rumah. Godaan untuk menonton acara favorit bisa mengganggu kerja, kehilangan waktu dan kualitas hasil kerja. Hal ini juga terkait dengan godaan untuk membuka internet dan media sosial. Tentu saja ini akan berbeda dengan mereka yang pekerjaannya terkait dengan televisi, dan internet. Namun harus fokus pada yang terkait pekerjaan.

Tidak di Kamar Tidur

Menyiapkan ruang untuk bekerja adalah penting, dan sehat dengan memisahkannya dari  kamar tidur. Mereka yang bekerja dengan komputer (laptop) atau gadget lain, sebaiknya tidak melakukannya di tempat tidur, apalagi dengan posisi setengat terbaring. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mejaga jadwal tidur, termasuk menjaga kamar tidur bebas dari gangguan, akan membantu produktivitas kerja.

Jaga Jarak dari Teman dan Keluarga

Hal yang sulit memang, karena teman dan keluarga adalah gudang gangguan yang serius. Jika ada teman yang datang, temuilah di tempat terpisah dengan ruang yang digunakan untuk kerja. Bersepakatlah dengan keluarga untuk memanfaatkan waktu bersama ketika istirahat di luar ruang kerja. Kalau perlu dan mungkin kuncilah ruang kerja.

Waktu Istirahat dan Bergerak

Pandemi virus corona (COVID-19) membuat orang terkurung di rumah, namun penting untuk tetap berolah raga secara teratur. Ketika istirahat, atau seskali mengambil waktu istirahat sejenak, dan gunakan dengan berjalan-jalan dan menjauh dari pekerjaan. Sangat baik jika bisa melihat jauh ke luar ruang melalui jendela atau pintu. Ini penting bagi yang bekerja berlama-lama di depan layar monitor, terutama jika bisa melihat pemandangan atau pohon-pohon yang hijau.

Pakaian Kerja Walaupun di Rumah

Mengenakan pakaian kerja akan berasosiasi secara mental dengan suasana kerja dan dapat membantu mempertahankan pola pikir hari kerja. Ini dapat membantu bekerja secara efisien dan seolah berada di kantor. Teknologi yang maju memungkinkan komunikasi dengan kolega tetap lancar, bahkan komunikasi dengan video, termasuk konferensi. Dengan pakaian kerja, suasana komunikasi itu juga membantu membangun suasana kerja bersama.

Jaga Kebersihan dan Kerapian

Kerja dari rumah mungkin akan membuat mudah tergoda untuk membiarkan barang-barang berada seperti pekerjaan terus-menerus dilakukan. Maka perlu menjaga lingkungan kerja yang bersih dan sehat, dirapikan setelah selesai seperti jadwal kerja yang normal.

Mengatur Jam Kerja

Kerja dari rumah juga akan mendorong godaan untuk tidak mengatur jam kerja dan jam istirahat, termasuk waktu tidur. Sering juga menggoda untuk tidak melakukan kegiatan rutin pribadi, hanya karena tidak akan bertemu dengan orang lain. Untuk menjaga kesehatan dan mental kerja, tetap diperlukan untuk mengatur waktu kerja, istirahat, tidur, dan kegiatan pribadi lain dengan teratur.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home