Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 12:49 WIB | Jumat, 16 Agustus 2019

Yogyakarta Gamelan Festival ke-24 Siap Digelar.

Penampilan kelompok gamelan “Anon dan Omah Gamelan” pimpinan Anon Suneko pada YGF 20-2015 di concert hall Taman Budaya Yogyakarta, Sabtu (15/8/2015). (Foto: Moh. Jauhar al-Hakimi)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) adalah festival internasional yang mewadahi pertemuan pemain dan pencinta gamelan dari seluruh dunia setiap tahunnya. Tahun ini Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) memasuki tahun penyelenggaraan yang ke-24.

Dalam keterangan tertulis yang diterima satuharapan.com, panitia YGF 24 menjelaskan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Yogyakarta Gamelan Festival diselenggarakan di Plaza Ngasem Yogyakarta sebagai main venue, dan beberapa venue lain sebagai rangkaian acaranya.

Dengan mengangkat tema New Gamelan, gamelan baru bukan hanya dipandang dari sisi penyajian dengan gaya atau cara baru, melainkan merespons perkembangan tren sekarang yang harus mampu beradaptasi dengan zamannya, Gamelan dipandang dari segi spirit harus mampu berinovasi untuk bisa diterima pada zaman sekarang.

Festival gamelan tahunan ini diselenggarakan pada tanggal 19-24 Agustus 2019 di beberapa venue, dengan rangkaian acara sebagai berikut :

Gaung Gamelan, Gaung Gamelan kali ini bertajuk “Gending” akan diselenggarakan pada hari Senin, 19 Agustus 2019 di Kawasan Nol Kilometer Yogyakarta, pada pukul 15.00 s/d selesai.

Rembug Budaya, diskusi terbuka dengan tema “New Gamelan anyone?” yang akan diselenggarakan hari Selasa, 20 Agustus 2019, berlokasi di Museum Wayang Ukur, Tamansiswa Yogyakarta, pada pukul 15.00 s/d selesai.

Lokakarya, “Bikin sendiri gamelanmu” menjadi tema lokakarya tahun ini yang bekerja sama dengan limbah bunyi, sebuah komunitas musik yang memanfaatkan limbah untuk berkesenian. Lokakarya ini akan berlangsung pada hari Rabu, 21 Agustus 2019, pukul 15.00 s/d selesai berlokasi di Komunitas Gayam16, Mantrigawen-Yogyakarta.

Pagelaran, sebagai puncak acara pergelaran Yogyakarta Gamelan Festival 2019 akan diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut yang berlokasi di Plaza Ngasem pada tanggal 22-24 Agustus 2019 dimulai pukul 19.00 WIB setiap harinya. Beberapa penampil dalam dan luar negeri ikut ambil bagian pada pergelaran ini di antaranya adalah; Show Seki (Japan), Celia Huet & Friends (France & Yogyakarta), Levin Zimmermann & Friends (Germany & Yogyakarta), Si Paningkah (Solo) Musik

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home