Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 13:44 WIB | Senin, 06 Februari 2017

Yordania Serang ISIS di Suriah

Yordania Serang ISIS di Suriah
Pengungsi Suriah berfoto saat mereka menikmati senja di Kota Dbayeh, sebelah utara Beirut pada 5 Februari 2017. AFP PHOTO/Patrick Baz
Yordania Serang ISIS di Suriah
Pesepeda melintasi toko tukang sepatu di Kota Douma, kota yang dikuasai pemberontak, di pinggiran timur Damaskus, 4 Februari 2017. Abd Doumany/AFP
Yordania Serang ISIS di Suriah
Anak-anak Suriah menunggu tindakan medis di sebuah rumah sakit sementara pada 3 Februari 2017 menyusul bombardir di Kota Douma yang dikuasai pemberontak. Abd Doumany/AFP

AMMAN, SATUHARAPAN.COM – Yordania pada hari Sabtu (4/2) menyatakan pesawat tempurnya telah mengebom posisi kelompok Islmic State Iraq and Syam (ISIS) di Suriah selatan, pasca dua tahun setelah salah satu pilotnya ditangkap dan dibunuh oleh ekstremis tersebut.

Kerajaan Yordania, bagian dari koalisi internasional yang memerangi ISIS di Suriah dan Irak, telah mengintensifkan serangan mereka sejak ISIS menangkap pilot bernama Maaz al Kassasbeh ketika pesawatnya jatuh di Suriah pada Desember 2014.

Pada 3 Februari 2015, kelompok itu merilis rekaman video yang menunjukkan pilot tersebut dibakar hidup-hidup dalam sebuah kurungan, dan serangan pada Jumat dilakukan bertepatan dengan dua tahun perilisan video itu.

“Pesawat Angkatan Udara Yordania, dalam mengenang pejuang kami yang jatuh dalam perang melawan terorisme, pada Jumat malam, menargetkan berbagai posisi kelompok teroris Daesh di Suriah selatan,” ungkap militer dalam sebuah pernyataan, menggunakan nama ISIS dalam bahasa Arab.

Mereka mengatakan bahwa seragan terhadap sasaran yang meliputi bekas pangkalan militer Suriah itu menewaskan dan melukai beberapa anggota ISIS dan menghancurkan depot senjata, gudang penyimpanan bom, dan sebuah barak.

Pasukan Yordania menggunakan drone dan amunisi berpemandu presisi (precision-guided munitions/PGM) dalam operasi tersebut, yang merupakan bagian dari “upaya Kerajaan untuk memberantas kelompok teroris,” ungkap mereka. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home