Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 19:02 WIB | Sabtu, 29 April 2017

Zidane Bujuk Warga Prancis Cegah Le Pen Jadi Presiden

Calon presiden Prancis, Emmanuel Macron (kanan) dan Marine Le Pen (kiri). (Foto: commdiginews.com)

MADRID, SATUHARAPAN.COM - Bintang sepak bola Prancis sekaligus pelatih Real Madrid Zinedine Zidane, pada hari Jumat (28/4), mengajak rekan senegaranya berusaha semaksimal untuk mencegah calon dari kubu kanan ekstrem Marine Le Pen memenangkan pemilihan presiden.

Le Pen, pemimpin partai Front Nasional, melaju ke pemilihan presiden Prancis putaran kedua pada akhir pekan lalu dan kini akan bersaing sengit dengan pesaingnya, calon terdepan Emmanuel Macron yang berhaluan sentral dan penganut paham globalisasi yang percaya pada perbatasan terbuka.

“Pesannya selalu sama, yaitu mengenai 2002,” kata Zidane kepada wartawan, mengacu kepada ketika mantan ketua partai kanan ekstrem Jean-Marie Le Pen -- ayah Marine Le Pen -- mencapai putaran kedua pemilihan presiden Prancis.

Hal itu mendorong banyak pemilih dari kubu kiri dan kanan bersatu mendukung Jacques Chirac, calon konservatif dalam pemilihan putaran kedua tersebut guna mencegah Jean-Marie Le Pen berkuasa.

“Saya sangat tidak sependapat dengan ide-ide itu, mengenai Front Nasional,” kata Zidane, yang orang tuanya berimigrasi ke Prancis dari Aljazair, dalam sebuah konferensi pers sebelum Real Madrid bertanding melawan Valencia pada Sabtu.

Dia menambahkan bahwa rakyat Prancis harus berusaha “semaksimal mungkin untuk menghindari ini. Ekstrem tidak pernah membawa kebaikan.” (AFP)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home