Loading...
EKONOMI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:44 WIB | Rabu, 29 April 2015

100 Ribu Buruh akan Datang ke Jakarta

Ribuan buruh menggelar aksi di bundaran Tugu Selamat Datang Jakarta, 1 Mei 2013. (Foto: Dok. Satuharapan.com)

TANGERANG, SATUHARAPAN.COM - Polda Metro Jaya mengerahkan 1.270 personel untuk mengatasi kemacetan saat peringatan hari buruh atau May Day di Jakarta yang dipadati 100 ribu buruh.

Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa Lalu Lintas, AKBP Warsinem di Tangerang, Rabu (29/4), mengatakan, berdasarkan informasi yang dikumpulkan dalam pertemuan dengan koordinator aksi, akan ada 100 ribu buruh yang datang ke Jakarta.

Buruh tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Bekasi, Tangerang, Cakung, Pulogadung dan Bogor.

Para buruh tersebut rencananya akan datang ke Jakarta dengan menggunakan dua ribu unit bus. Nantinya, para buruh tersebut akan dikawal oleh polisi lalu lintas dari masing - masing daerah menuju Jakarta.

Adapun lokasi aksi buruh di Jakarta terdapat beberapa tempat seperti Bundaran Hotel Indonesia, Istana Presiden, Kantor Kementerian Tenaga Kerja, Kantor BPJS dan pusatnya yakni di Stadion Utama Gelora Bung Karni.

"Para buruh akan kumpul di HI lalu akan melakukan jalan kaki ke beberapa tempat seperti Istana Presiden hingga Gelora Bung Karno," ujarnya ditemui dalam acara ngobrol bareng antara Yamaha dengan Blogger di BSD Serpong.

Untuk keamanan, kepolisian akan membuat enam lapis ring pengamanan dalam mengantisipasi terjadinya aksi yang tak diinginkan.

Sedangkan untuk mengantisipasi kemacetan, seluruh bus akan parkir di wilayah semanggi. Bila sudah penuh maka akan dialihkan ke rute lainnya seperti Tomang, Harmoni hingga Kuningan.

Maka itu, warga yang akan pergi diminta untuk menghindari jalan Sudirman, Thamrin dan Semanggi. Karena, para bus yang membawa buruh pun akan dikawal.

"Kita sudah sepakat agar peringatan buruh tetap berjalan lancar dan aspirasi yang disampaikannya terakomodir tanpa mengganggu ketertiban pengguna jalan lainnya," ujarnya. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home