Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:38 WIB | Senin, 01 November 2021

1.000 Rumah Terendam Akibat Banjir Di Sanggau, Kalbar

Kondisi rumah warga yang terdampak banjir di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, Senin. (Foto: BPBD Kabupaten Sanggau)

SANGGAU, SATUHARAPAN.COM- Sebanyak 1.000 rumah warga di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat terendam akibat luapan sungai Kapuas.

Lima kecamatan terdampak banjir ini, yaitu Desa Kuala Rosan yang terletak di Kecamatan Meliau, Desa Melungai, Desa Pedalaman, Desa Kawat, Desa Pulau Tayan Utara di Kecamatan Tayan Hilir, Desa Balai Sebut di Kecamatan Jangkang.

Kemudian Desa Inggis, Desa Kedukul, Desa Semuntai di Kecamatan Mukok, dan Desa Penyeladi Hilir, Desa Semerangkai, Kelurahan Tanjung Sekayam, Kelurahan Beringin, Kelurahan Tanjung Kapuas di Kecamatan Kapuas.

Banjir dipicu hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya sungai Kapuas yang terjadi pada Senin (25/10) pukul 05:00 WIB. Berdasarkan laporan yang diterima Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB hari Sabtu (30/10) sebanyak banjir ini juga mengakibatkan 1.166 keluarga atau 4.112 jiwa terdampak banjir ini yang kedalaman airnya mencapai 50 Centimeter.

Prakiraan cuaca BMKG untuk tiga hari kedepan di wilayah Kabupaten Senggau berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir. Sementara itu, analisis InaRISK menyebutkan bahwa Kabupaten Senggau merupakan wilayah dengan potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home