Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:40 WIB | Senin, 09 Agustus 2021

11 Juta Warga Wuhan, China Dites untuk COVID-19

Orang-orang mengisi formulir sebelum menerima dosis vaksin untuk penyakit akibat virus corona (COVID-19) di lokasi vaksinasi, selama kunjungan yang diselenggarakan pemerintah, di Beijing, China pada hari Jumat (15/1/2021). (Foto: dok. Reuters)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang di kota Wuhan di CHina tengah pada hari Minggu (8/8) mengatakan mereka telah menyelesaikan pengujian di seluruh kota terhadap lebih dari 11 juta orang untuk COVID-19, setelah kebangkitan kasus lebih dari setahun virus corona pertama kali muncul di sana.

Tes, yang dimulai pada hari Selasa (3/8), memberikan "cakupan penuh" dari semua penduduk di kota kecuali untuk anak-anak di bawah usia enam tahun dan siswa pada liburan musim panas mereka, kata pejabat senior Wuhan, Li Tao, mengatakan pada konferensi persdikutip Xinhua.

Pada hari Sabtu (7/8), kota itu mencatat 37 kasus COVID-19 yang ditularkan secara lokal dan menemukan 41 pembawa asimptomatik lokal dalam putaran pengujian massal terbaru, Xinhua melaporkan.

Pejabat kota mengumumkan pekan lalu bahwa tujuh infeksi menular lokal telah ditemukan di antara pekerja migran di Wuhan, memecahkan rekor selama setahun tanpa kasus domestic, setelah menekan wabah awal dengan penguncian pada awal 2020.

Pihak berwenang mengatakan mereka dengan cepat memobilisasi lebih dari 28.000 petugas kesehatan di sekitar 2.800 lokasi untuk kampanye pengujian.

China menurunkan kasus domestik menjadi hampir nol setelah virus corona pertama kali muncul di kota itu pada akhir 2019, memungkinkan ekonomi untuk pulih dan kehidupan sebagian besar kembali normal.

Tetapi wabah baru telah merusak rekor itu, karena varian Delta yang menyebar cepat mencapai puluhan kota setelah infeksi di antara petugas kebersihan Bandar udara di Nanjing memicu rantai kasus yang telah dilaporkan di seluruh negeri.

China sejak itu membatasi penduduk di seluruh kota dengan tinggal di rumah, memutus jaringan transportasi domestik dan meluncurkan pengujian massal saat memerangi wabah, yang terbesar dalam beberapa bulan.

Beijing juga telah memperketat pembatasan perjalanan ke luar negeri bagi warganya sebagai bagian dari upaya untuk menahan kasus yang meningkat.

Otoritas imigrasi China pada hari Rabu mengumumkan akan berhenti mengeluarkan paspor biasa dan dokumen lain yang diperlukan untuk keluar dari negara itu dalam kasus-kasus “tidak penting dan tidak darurat”.

Itu belum berarti larangan bepergian ke luar negeri untuk masyarakat China. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home