Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:06 WIB | Selasa, 29 Desember 2015

111 Kru Pesawat Jalani Tes Narkoba

Ilustrasi Tes urine. (Foto: Antaranews/Arief Priyono)

BATAM, SATUHARAPAN.COM  - Sebanyak 111 kru dari 17 pesawat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, menjalani tes urine oleh petugas dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kepri untuk memastikan tidak ada yang menggunakan narkoba saat bertugas.

"Untuk pilot dan pramugari ada 111 orang yang menjalani tes urine. Alhamdulillah semua negatif," kata Kepala BNN Kepri, Kombes Pol Benny Setiawan di Bandara Hang Nadim Batam, Senin (28/12).

Pemeriksaan tersebut, kata dia, bentuk kepedulian BNNP Kepri dalam rangka mengamankan keselamatan penerbangan, dan pelayaran terhadap pengguna transportasi.

"Sebanyak 45 petugas melakukan tes urin secara bergantian para pilot dan pramugari yang baru tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sejak Senin (28/12) siang," katanya.

Dengan tes tersebut, kata Benny, BNN ingin memastikan seluruh kru pesawat bebas dari narkoba. Sehingga tidak membahayakan bagi penumpang yang hendak meninggalkan Batam baik berlibur maupun ke kampung halaman masing-masing.

Selain di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, katanya, Senin (28/12) siang petugas juga melakukan tes serupa pada sejumlah petugas pelabuhan di Kota Batam.

Tes juga dilaksanakan di Kantor Pelabuhan Batam di Batu Ampar, dengan menurunkan 15 personil yang dikepalai oleh Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Kepri Ali Chozin.

Pemeriksaan di Kantor Pelabuhan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB dengan memeriksa 114 personel, dan tidak ditemukan tanda tanda pemakaian narkoba.

"Kami sangat senang sekali personel penerbangan dan pelayaran yang diperiksa tidak ada yang menggunakan narkoba. Kami harap kesadaran para tenaga profesional seperti mereka tetap tinggi dan menjauhi penggunaan narkotika dan obat terlarang," kata Benny.

Tes serupa, juga selalu dilakukan saat memasuki musim mudik lebaran baik di Hang Nadim, maupun pelabuhan-pelabuhan lain di Batam dan Kepri. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home