Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:35 WIB | Kamis, 31 Maret 2022

118 Rumah di Bangka Tengah Rusak Akibat Puting Beliung

Warga mengamati kerusakan bagian atap rumah yang rata dengan tanah akibat diterjang angin puting beliung di Desa Kebintik, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung pada Selasa (29/3). (Foto: BPBD Kabupaten Bangka Tengah)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Seorang warga mengalami luka berat dan tiga lainnya luka ringan akibat terkena reruntuhan bangunan yang ambruk diamuk angin puting beliung di Desa Kebintik, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung pada hari Selasa (29/3).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Tengah melaporkan fenomena angin puting beliung itu terjadi bersamaan dengan hujan lebat. "Korban terkena reruntuhan material bangunan," ungkap Kepala Seksi Logistik dan Peralatan BPBD Kabupaten Bangka Tengah, Sri Murtopo, dikutip laman BNPB.

Hasil kaji cepat tim BPBD Kabupaten Bangka Tengah, peristiwa itu berdampak pada kerusakan rumah sebanyak 118 unit yang dihuni 118 KK.  Selain itu satu unit fasilitas ibadah, satu unit balai kematian umat Tionghoa dan satu unit pangkalan gas elpiji juga turut terdampak.

Kerusakan itu juga dilaporkan secara visual dari lapangan yang menunjukkan bagian atap rumah warga dan sejumlah pohon tumbang serta porak poranda.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memberikan informasi prakiraan cuaca yang menyatakan bahwa hujan masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bangka Tengah hingga Kamis (31/3).

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home