Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:32 WIB | Senin, 07 Desember 2020

13.000 Orang Jerman Dievakuasi Ketika Petugas Menjinakkan Bom Sisa PD II

13.000 Orang Jerman Dievakuasi Ketika Petugas Menjinakkan Bom Sisa PD II
Seorang petugas polisi Frankfurt mengarahkan orang-orang untuk menjauh dari zona eksklusi 700 meter dalam upaya menjinakkan bom sisa Perang Dunia II yang tidak meledak. (Foto: dpa)
13.000 Orang Jerman Dievakuasi Ketika Petugas Menjinakkan Bom Sisa PD II
Sebuah bom sisa Perang Dunia Kedua yang ditemukan di Frankfurt pada tahun 2013. (Foto: dok. dpa)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Hampir 13.000 penduduk dievakuasi di Frankfurt pada hari Minggu (6/12) ketika para ahli menjinakkan bom s isaPerang Dunia II yang tidak meledak, kata layanan darurat setempat.

Bom buatan Inggris seberat 500 kilogram (1.100 pon) telah ditemukan di lokasi konstruksi di ibu kota keuangan Jerman itu pada hari Kamis (3/12), kata layanan darurat.

Radius evakuasi mencakup 700 meter di barat pusat kota di area yang terdapat rumah orang-orang tua, fasilitas pemanas dan infrastruktur internet, serta fasilitas operator kereta api nasional, Deutsche Bahn.

Pekerjaan itu diperkirakan berlangsung hingga malam, karena pembatasan virus corona, kata pihak berwenang.

Sekitar 75 tahun setelah perang, Jerman tetap dipenuhi dengan persenjataan yang belum meledak, sering kali ditemukan dalam pekerjaan konstruksi.

Awal tahun ini, para ahli menjinakkan tujuh bom Perang Dunia II yang ditemukan di lokasi pabrik masa depan Eropa pertama, Tesla, tepat di luar Berlin. Bom yang cukup besar juga telah dijinakkan di Cologne dan Dortmund tahun ini.

Pada tahun 2017, penemuan bom seberat 1,4 ton di Frankfurt mendorong evakuasi terhadap 65.000 orang, menjadi operasi terbesar sejak akhir perang di Eropa pada tahun 1945. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home