Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:24 WIB | Minggu, 03 April 2022

17 Universitas di AS Tawarkan Gelar Kehormatan pada Volodymyr Zelenskyy

17 Universitas di AS Tawarkan Gelar Kehormatan pada Volodymyr Zelenskyy
Foto dari video yang disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara dari Kiev, Ukraina, Sabtu pagi, 2 April 2022. (Kantor Pers Kepresidenan Ukraina via AP)
17 Universitas di AS Tawarkan Gelar Kehormatan pada Volodymyr Zelenskyy
Orang-orang memegang potret Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy selama demonstrasi anti-perang di depan Istana Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan di Warsawa, Polandia, Sabtu, 2 April 2022. (Foto: AP/Czarek Sokolowski)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Setidaknya 17 perguruan tinggi dan universitas di beberapa negara bagian Amerika Serikat  akan bersama-sama menawarkan gelar kehormatan kepada Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, selama upacara pelantikan mereka musim semi ini.

Presiden Universitas, Alfred Mark Zupan, mengatakan gagasan itu tumbuh dari permintaannya agar Zelenskyy berbicara secara virtual dengan kombinasi kelas kelulusan.

Ketika seorang pejabat di kedutaan Ukraina menolak permintaan universitas New York barat, institusi tersebut setuju untuk memberikan gelar kehormatan in absentia untuk menghormati kepemimpinan Zelenskyy selama perang Rusia di Ukraina.

“Gerakan itu dimotivasi oleh contoh inspiratif yang diberikan oleh Presiden Zelenskyy kepada rakyatnya dan dunia yang lebih luas dalam membela kebebasan dan demokrasi,” kata Zupan dalam rilis berita hari Jumat (1/4).

Beberapa kampus tambahan di bagian utara New York, yang memiliki populasi signifikan yang terkait dengan Ukraina, telah berkomitmen pada gagasan tersebut. Mereka sedang bergabung dengan institusi di Michigan, North Carolina, Pennsylvania dan Virginia. Yang lain diharapkan untuk bergabung, kata Alfred University.

Protes Invasi Rusia

Sementara itu, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, pada hari Sabtu (2/4) mengucapkan terima kasih kepada orang-orang Enerhodar karena memprotes pendudukan Rusia. Kota tenggara, tempat para karyawan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia tinggal, telah berada di bawah kendali Rusia sejak awal Maret.

Menanggapi protes tersebut, pasukan Rusia “melepaskan tembakan dan menggunakan granat terhadap orang-orang yang benar-benar damai,” kata Zelenskyy dalam pidato videonya di malam hari. Empat orang mengalami luka bakar parah, menurut ombudsman hak asasi manusia Ukraina.

Badan nuklir negara Ukraina melaporkan tentang serangan pada hari Sabtu di saluran Telegram resminya. Sebuah klip video yang menyertai posting Telegram oleh Energoatom Ukraina tampaknya menampilkan ledakan keras dan puing-puing yang beterbangan.

Unggahan kedua di saluran perusahaan negara mengklaim bahwa ledakan dan semburan mortir dapat terdengar di dekat pusat budaya Sovremennik, tempat penduduk mengadakan rapat umum untuk mendukung Ukraina. Ombudsman mengatakan penduduk menyanyikan lagu kebangsaan Ukraina.

“Ketika pengunjuk rasa mulai bubar, para penyerbu tiba dengan kendaraan polisi, dan mulai memaksa penduduk setempat masuk ke dalamnya,” tulis postingan tersebut. "Beberapa menit kemudian, kota itu diguncang oleh ledakan besar dan penembakan."

Sebuah kelompok Rusia yang memantau penangkapan politik mengatakan 208 orang ditahan dalam demonstrasi yang diadakan hari Sabtu di seluruh negeri memprotes operasi militer Rusia di Ukraina. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home