Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:32 WIB | Minggu, 05 Juni 2022

200 Relawan Bersihkan Sungai Ciliwung dari Sampah

Kegiatan berkaitan perungatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni.
Aksi bersih Ciliwung, hari Sabtu (4/6). (Foto: KLHK)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Aksi bersih Sungai Ciliwung dilakukan bersama komunitas dan relawan di enam titik di Kota Depok yang mencakup Kecamatan Sukmajaya, Pancoran Mas, dan Beji, pada hari Sabtu (4/6).

Aksi yang melibatkan 36 komunitas pemerhati Sungai Ciliwung ini menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup yang diperingati setiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan perubahan perilaku masyarakat untuk lebih peduli lingkungan terutama kepada kualitas air sungai yang lebih baik.

"Jadi kami itu menggerakkan masyarakat melalui komunitas dengan harapan komunitas sebagai fasilitator masyarakat, sehingga masyarakat berubah mindset-nya menjadi lebih peduli kepada lingkungan, dan hasilnya terlihat jika kualitas air sungai Ciliwung membaik," kata Direktur Pengendalian Pencemaran Air, Nety Widayati, yang ikut melakukan susur sungai pada kegiatan ini.

Pencemar terbesar sungai, berdasarkan data pemantauan, berasal dari limbah domestik rumah tangga. Untuk itu melalui gerakan-gerakan peduli sungai seperti ini diharapkan limbah domestik rumah tangga yang masuk ke sungai akan bisa dikurangi karena masyarakat juga akan semakin teredukasi pentingnya sungai yang bersih.

"Jika kita menggerakkan komunitas, sehingga komunitas menggerakkan masyarakat agar limbah pencemar domestik bisa tertangani, karena seluruh masyarakat berubah pola pikirnya," katanya.

Nety menyebutkan kondisi pencemaran air sungai di Indonesia berdasarkan tren status mutu air sejak tahun 2015 terus menunjukkan perbaikan, meski belum semuanya dalam kondisi baik.

Hidayat, Ketua Komunitas Sahabat Ciliwung yang merupakan penduduk asli sekitar Sungai Ciliwung menyatakan jika masalah air dan sampah di Sungai Ciliwung dari tahun ke tahun mulai membaik. Hal ini disebutnya merupakan hasil upaya bersama semua pihak mulai dari masyarakat, komunitas, pemerintah pusat, pemerintah daerah, akademisi, dunia usaha dan juga media massa.

"Hari ini kita lakukan aksi bersih sungai dengan kekuatan sekitar 200 orang, menggunakan 10 perahu karet untuk yang di air, lalu juga ada teman-teman atau relawan yang berkegiatan di bantaran sungai di beberapa titik," katanya.

Dari gerakan bersih Sungai Ciliwung ini berhasil terkumpul sampah seberat 780 Kilogram. Hadir dalam gerakan bersih sungai Ciliwung ini  perwakilan dari Dinas PUPR Kota Depok, Dinas LH Kota Depok, beberapa anggota Pramuka, dan Mapala sekitar kota Depok.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home