Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:47 WIB | Rabu, 11 November 2020

2.000 Tentara Rusia Akan Jaga Perdamaian di Nagorno Karabakh

Tentara etnis Armenia berjalan di sepanjang jalan dekat perbatasan antara Nagorno Karabakh dan Armenia, hari Minggu (8/11/2020). (Foto: AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Kesepakatan Armenia dan Azerbaijan untuk menghentikan pertempuran atas wilayah Nagorno-Karabakh di Azerbaijan di bawah pakta yang ditandatangani dengan Rusia, menyerukan pengerahan hampir 2.000 penjaga perdamaian Rusia dan konsesi teritorial.

Kesepakatan itu dutandatangani hari Selasa (10/11) pagi. Nagorno-Karabakh berada di bawah kendali pasukan etnis Armenia yang didukung oleh Armenia sejak gencatan senjata tahun 1994 mengakhiri perang separatis yang menewaskan sekitar 30.000 orang. Bentrokan sporadis terjadi sejak itu, dan pertempuran skala penuh dimulai pada 27 September.

Beberapa gencatan senjata telah diberlakukan tetapi hampir selalu dilanggar. Namun, perjanjian yang diumumkan pada Selasa pagi tampaknya lebih mungkin untuk bertahan karena Azerbaijan telah membuat kemajuan signifikan, termasuk mengambil kendali atas kota strategis Shushi pada hari Minggu (8/11).

Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan, mengatakan di Facebook bahwa mengakhiri pertempuran itu “sangat menyakitkan bagi saya secara pribadi dan bagi rakyat kami.''

Protes Rakyat Armenia

Setelah pengumuman itu, ribuan orang mengalir ke lapangan utama di ibu kota Armenia, Yerevan, untuk memprotes perjanjian tersebut, dan banyak yang berteriak, “Kami tidak akan menyerahkan tanah kami!'' Beberapa dari mereka masuk ke gedung utama pemerintah, mengatakan mereka mencari Pashinyan, yang rupanya sudah pergi.

Perjanjian tersebut menyerukan pasukan Armenia untuk menyerahkan kendali atas beberapa daerah yang dikuasainya di luar perbatasan Nagorno-Karabakh, termasuk distrik timur Agdam. Daerah itu memiliki bobot simbolis yang kuat bagi Azerbaijan karena kota utamanya, juga disebut Agdam, dijarah secara menyeluruh, dan satu-satunya bangunan yang masih utuh adalah masjid kota itu.

Orang Armenia juga akan membalik wilayah Lachin, yang merupakan jalan utama dari Nagorno-Karabakh ke Armenia. Perjanjian tersebut menyerukan jalan, yang disebut Koridor Lachin, untuk tetap terbuka dan dilindungi oleh penjaga perdamaian Rusia.

Secara keseluruhan, 1.960 penjaga perdamaian Rusia akan dikerahkan di wilayah tersebut di bawah mandat lima tahun.

Perjanjian tersebut juga menyerukan agar jaringan transportasi dibangun melalui Armenia yang menghubungkan Azerbaijan dan eksklaf barat Nakhcivan, yang dikelilingi oleh Armenia, Iran dan Turki.

Pasukan Azerbaijan pada hari Senin menembak jatuh sebuah helikopter Rusia yang terbang di atas Armenia dekat perbatasan dengan Nakhchivan, menewaskan dua prajurit. Kementerian Luar Negeri Azerbaijan mengatakan helikopter itu terbang rendah dan “dalam konteks faktor-faktor ini dan mengingat situasi tegang di wilayah tersebut dan kesiapan tempur yang meningkat sehubungan dengan kemungkinan provokasi dari pihak Armenia, awak tempur yang bertugas memutuskan untuk melepaskan tembakan untuk membunuh.''

Wilayah Shushi

Penyitaan Shushi, yang diklaim oleh Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, pada hari Minggu dan dikonfirmasi oleh juru bicara kepresidenan Nagorno-Karabakh pada hari Senin, memberi Azerbaijan keuntungan strategis yang signifikan. Kota ini terletak di ketinggian yang menghadap ke ibu kota daerah itu, Stepanakert, 10 kilometer ke utara.

“Sayangnya, kami terpaksa mengakui bahwa serangkaian kegagalan masih menghantui kami, dan kota Shushi benar-benar di luar kendali kami,'' kata Vagram Pogosian, juru bicara presiden pemerintah di Nagorno-Karabakh, mengatakan di pernyataan di Facebook. “Musuh ada di pinggiran Stepanakert.''

Sejak berakhirnya perang sebelumnya pada tahun 1994, upaya mediasi internasional oleh Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama dalam “Kelompok Minsk'' Eropa untuk menentukan status akhir kawasan itu goyah dan kawasan itu dipisahkan dari Azerbaijan lainnya dengan zona demiliterisasi.

Aliyev pada hari Senin mendesak Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden, untuk meningkatkan upaya mediasi. Dalam surat ucapan selamat kepada Biden atas kemenangan pemilihannya, Aliev berkata, “Azerbaijan mengharapkan Amerika Serikat dan ketua OSCE Minsk Group lainnya untuk meningkatkan upaya mereka untuk menemukan solusi yang adil untuk konflik tersebut.''

Armenia mengatakan lebih dari 1.200 tentara Armenia tewas dalam perang itu. Azerbaijan belum menyatakan kerugiannya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home