Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:10 WIB | Minggu, 10 Juli 2022

2,3 Miliar Manusia Kesulitan Mendapatkan Cukup Makanan

2,3 Miliar Manusia Kesulitan Mendapatkan Cukup Makanan
Sergei, 11 tahun, menunggu gilirannya untuk menerima makanan yang disumbangkan selama distribusi bantuan kemanusiaan di Bucha, di pinggiran Kiev, pada Selasa, 19 April 2022. (Foto: dok. AP/Emilio Morenatti)
2,3 Miliar Manusia Kesulitan Mendapatkan Cukup Makanan
Seorang perempuan Ethiopia berdiri di dekat karung gandum untuk dibagikan oleh Lembaga Pertolongan Tigray di kota Agula, di wilayah Tigray, Ethiopia utara, Sabtu, 8 Mei 2021. (Foto: dok. AP/Ben Curtis)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Lonjakan harga makanan, bahan bakar, dan pupuk yang dipicu oleh perang di Ukraina mengancam akan mendorong negara-negara di seluruh dunia ke dalam kelaparan. Itu juga membawa “destabilisasi global, kelaparan, dan migrasi massal dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya,” sebuah pernyataan penting PBB. pejabat memperingatkan, hari Rabu (5/7).

David Beasley, kepala Program Pangan Dunia (WFP) PBB, mengatakan analisis terbaru menunjukkan bahwa "rekor 345 juta orang yang sangat lapar berbaris ke ambang kelaparan", peningkatan 25% dari 276 juta pada awal 2022 sebelum Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari. Jumlahnya mencapai 135 juta sebelum pandemi COVID-19 pada awal 2020.

"Ada bahaya nyata, itu akan naik lebih tinggi dalam beberapa bulan ke depan," katanya. “Yang lebih mengkhawatirkan adalah ketika kelompok ini dipecah, 50 juta orang yang mengejutkan di 45 negara hanya selangkah lagi dari kelaparan.”

Beasley berbicara pada pertemuan tingkat tinggi PBB untuk merilis laporan terbaru tentang kelaparan global oleh Program Pangan Dunia dan empat badan PBB lainnya yang melukiskan gambaran suram.

Laporan, “Keadaan Ketahanan Pangan dan Gizi di Dunia,” mengatakan kelaparan dunia meningkat pada tahun 2021, dengan sekitar 2,3 miliar orang menghadapi kesulitan sedang atau berat untuk mendapatkan cukup makanan. Jumlah yang menghadapi kerawanan pangan parah meningkat menjadi sekitar 924 juta.

Prevalensi “kurang gizi”, ketika konsumsi makanan tidak mencukupi untuk mempertahankan hidup aktif dan sehat, digunakan untuk mengukur kelaparan, dan terus meningkat pada tahun 2021. Laporan tersebut memperkirakan bahwa antara 702 juta dan 828 juta orang menghadapi kelaparan tahun lalu.

Beasley mengatakan dalam komentar virtual langsung bahwa dampak konflik di Ukraina, "keranjang roti dunia," pada ketersediaan pangan global dan ketahanan pangan "berarti jumlah orang yang kelaparan kronis di dunia kemungkinan sudah jauh lebih tinggi daripada 828 juta orang."

Sebelum perang, Ukraina dan Rusia bersama-sama menyumbang hampir sepertiga dari ekspor gandum dan jelai dunia dan setengah dari minyak bunga mataharinya. Rusia dan sekutunya Belarus, sementara itu, adalah produsen potas nomor 2 dan 3 di dunia, bahan utama pupuk.

Beasley menyerukan solusi politik mendesak yang akan memungkinkan gandum dan biji-bijian Ukraina masuk kembali ke pasar global.

Dia juga mendesak pendanaan baru yang substansial untuk kelompok-kelompok kemanusiaan untuk menangani “tingkat kelaparan yang meroket,” pemerintah untuk melawan proteksionisme dan menjaga perdagangan tetap mengalir, dan investasi untuk membantu negara-negara termiskin melindungi diri mereka dari kelaparan dan guncangan lainnya.

“Jika kita berhasil mengatasinya di masa lalu, perang di Ukraina tidak akan memiliki dampak global seperti bencana hari ini,” kata Beasley.

Ekspor Gandum Ukraina

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, telah mencoba untuk menyusun sebuah paket yang akan memungkinkan Ukraina untuk melanjutkan ekspor gandum dan komoditas lainnya dan Rusia untuk mengirimkan biji-bijian dan pupuk ke pasar dunia. Juru bicara PBB, Stephane Dujarric, mengatakan pada hari Rabu dan diskusi terus berlanjut.

Laporan itu dikeluarkan oleh Program Pangan Dunia, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, Dana Anak-anak PBB, Organisasi Kesehatan Dunia dan Dana Internasional untuk Pembangunan Pertanian. Laporan itu mengatakan statistik 2021 memperjelas “dunia bergerak mundur dalam upayanya untuk mengakhiri kelaparan, ketidakamanan dan kekurangan gizi dalam segala bentuknya.”

Kepala lima badan tersebut mengatakan dalam laporan itu bahwa selain gangguan pada rantai pasokan dari perang di Ukraina yang menaikkan harga pangan, peristiwa iklim yang lebih sering dan ekstrem juga menyebabkan masalah pasokan, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah.

Laporan itu mengatakan kelaparan terus meningkat tahun lalu di Afrika, Asia, dan Amerika Latin dan Karibia, tetapi pada kecepatan yang lebih lambat dari 2019 hingga 2020.

“Pada tahun 2021, kelaparan mempengaruhi 278 juta orang di Afrika, 425 juta di Asia dan 56,5 juta di Amerika Latin dan Karibia,” katanya.

Tujuan pembangunan PBB menyerukan untuk mengakhiri kemiskinan ekstrem dan tidak lagi ada kelaparan pada tahun 2030, tetapi laporan itu mengatakan proyeksi menunjukkan bahwa 8% dari populasi dunia, hampir 670 juta orang, akan menghadapi kelaparan pada akhir dekade ini. Itu adalah jumlah orang yang sama seperti pada tahun 2015 ketika tujuan tersebut diadopsi.

Kesenjangan jender dalam kerawanan pangan, yang tumbuh selama pandemi, semakin melebar tahun lalu, kata laporan itu. Sebagian besar didorong oleh perbedaan yang melebar di Amerika Latin dan Karibia serta di Asia, “31,9% perempuan di dunia mengalami kerawanan pangan sedang atau parah dibandingkan dengan 27,6% pria” pada tahun 2021, katanya.

Melihat situasi anak-anak yang sangat muda, laporan tersebut memperkirakan 22% anak di bawah usia lima tahun, sekitar 149 juta, mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang terhambat. Sementara itu 6,7% (45 juta) menderita kurus,bentuk paling buruk dari malnutrisi. Di ujung lain skala, 5,7% anak di bawah lima tahun, atau 39 juta, kelebihan berat badan, tambahnya

Kelima kepala badan tersebut mengatakan bahwa intensifikasi dari tiga krisis iklim, konflik dan pandemi yang dikombinasikan dengan meningkatnya ketidaksetaraan membutuhkan “tindakan lebih berani” untuk mengatasi guncangan di masa depan.

Qu Dongyu, direktur jenderal Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), menyerukan negara-negara untuk memperluas produksi pangan, memperkuat rantai pasokan untuk mendukung petani kecil, dan menyediakan uang tunai dan barang-barang penting lainnya untuk produksi sereal dan sayuran dan untuk melindungi ternak.

“Kita menghadapi risiko serius menghadapi krisis akses pangan sekarang, dan mungkin krisis ketersediaan pangan untuk musim depan,” katanya. “Kita harus mencegah percepatan tren kerawanan pangan akut dalam beberapa bulan dan tahun mendatang.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home